Panggung Monokromatik Seminggu ‘Romantisme’ Sajikan Fotografi Hitam Putih Mahasiswa ISI Yogyakarta

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa Prodi Fotografi angkatan 2021 ISI Yogyakarta akan menggelar pameran fotografi hitam putih berjudul ‘PROMISE’. Pameran ini akan dilaksanakan pada 25-31 Mei 2022 di Galeri Pandeng, Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta.

Pameran ini menjadi ruang kreasi bagi para mahasiswa untuk menampilkan hasil kreativitasnya dalam bentuk karya foto hitam putih. Mengapa hitam putih?

“Pameran ini merupakan bentuk kegiatan dari tugas akhir dan sebagai penanda berakhirnya masa perkuliahan dari mata kuliah Fotografi Hitam Putih. PROMISE merupakan akronim dari Panggung Monokromatik Seminggu. PROMISE tahun ini digelar dengan mengusung tema Romantisme yang berarti emosi pribadi sang pengkarya dalam menciptakan sebuah karya dari pengalaman atau kekaguman terhadap sejarah, tragedi, ataupun pemandangan alam,” kata Sigit Suseno, Humas Pameran PROMISE, dalam siaran pers yang dikirim ke Redaksi.

Menurut Sigit, seluruh karya yang ditampilkan pada pameran ini merupakan hasil praktik foto hitam putih yang diabadikan menggunakan kamera analog dan dicetak dengan serangkaian proses yang dilakukan di dalam ruangan gelap, dimana tidak boleh ada satupun cahaya yang masuk ke dalam ruangan, yang akrab disebut sebagai kamar gelap.

Partisipan pada pameran ini merupakan seluruh mahasiswa dan mahasiswi Fotografi angkatan 2021 ISI Yogyakarta. Selain menampilkan karya dari para partisipan, PROMISE tahun ini juga akan menampilkan berbagai rangkaian acara berupa workshop cuci film analog bersama Kelompok Kegiatan Mahasiswa KOPPI yang berfokus pada pelestarian dan pengembangan wacana kesenian fotorgrafi analog dan ragam teknik cetak tua.

“Selain workshop, akan ada juga artist talk yang merupakan kegiatan presentasi dari 12 karya terbaik yang dipilih oleh kurator kami, yaitu Dr Irwandi dan Novan Jemmi Andrea,” terangnya.

Pada acara penutupan juga akan diadakan live music yang berlokasi di sebelah selatan Galeri Pandeng. Seluruh acara ini didukung KRJogja.com. (*)

 

BERITA REKOMENDASI