“Patriot Pramuka” Antarkan Sutanto Penulis Terbaik Lomba Cerpen

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Cerita berjudul ‘Patriot Pramuka’ mengantarkan Drs Sutanto yang sehari-harinya bertugas sebagai guru MTs Negeri 3 Bantul menjadi penulis terbaik dalam lomba menulis Cerpen dengan tema ‘Ada Cerita di Pramuka’, yang diselenggarakan Omera Pustaka 6-25 Agustus 2021 lalu.

Sutanto di Bantul Jumat (8/10/2021) menjelaskan, sebagai pembina pramuka dirinya merasa tertantang mengikuti lomba tersebut. Karena banyak pengalaman yang telah dilakoni mulai menjadi anggota pasukan penggalang di SMPN Bambanglipuro, Dewan Ambalan Penenak di SPGN Bantul, Dewan Kerja Cabang (DKC) Bantul, membina di beberapa Gugus Depan, dan menjadi Andalan di Kwarcab Bantul semuanya menjadi sumber cerita.

Meski begitu, dirinya lebih memilih mengambil cerita dengan seting perkemahan penggalang yang sangat banyak hal yang bisa digali untuk menambah agar cerita menarik. Agar cerita lebih hidup dengan membayangkan kisah yang pernah ada dan benar-benar terjadi.

“Untuk tokoh sengaja saya ambil dari pewayangan yaitu Bima dan Sena, agar pembaca memiliki apresiasi terhadap seni tradisi yang adiluhung peninggalan nenek moyang,” imbuh Sutanto.

Direktur Omera Pustaka Rahmi Wijayanti menjelaskan, lomba diikuti 32 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan diawali dengan pendaftaran 6-20 Agustus 2021, pengumpulan karya 25 Agustus 2021. Sedangkan pengumuman 5 penulis terbaik. Kamis (30/9/2021) lalu.

Tentang penentuan penulis terbaik tim Omera membuat beberapa kriteria yaitu : Teknik dan bahasa yang digunakan rapi,  alur cerita yang disuguhkan menarik, dan menulis sesuai syarat dan ketentuan.

Setelah melewati seleksi yang cukup ketat, tim juri menentukan 5 penulis terbaik: 1. Sutanto (Patriot Pramuka), 2. Anggun Setiyani (Sebuah Kenal), 3. Vita Mei (Girl Scout, Story of a Shoulder to Cry On), 4. Adam Burhan (Lima Petualang), 5. Dihyan An-nayyara (Untukmu Jiwa Praja Muda).

Penulis terbaik I akan mendapat piala, buku cetak, namanya tercantum di cover depan buku dan mendapat voucher penerbitan buku solo separuh harga.

 

BERITA REKOMENDASI