Pelajar di Klaten ‘Kecanduan’ Ketoprak

 FESTIVAL Ketoprak pelajar (FKP) ke-7 tahun 2016, Amigo Peduli Seni, dibanjiri peserta, yakni mencapai 19 grup. Semakin antusiasnya sekolah untuk mengikuti FKP, menyebabkan waktu  penyelenggaraan FKP lebih panjang mulai Jumat  hingga Minggu (02-04/09/2016).

Penggagas FKP yang juga owner Amigo Group Edy Sulistyanto dan seniman Bondan Nusantara mengemukakan, FKP tahun ini melibatkan sebanyak 950 pelajar dari 7 SMA dan 12 SMK. Semarak FKP menunjukkan bahwa seni tradisional tersebut mulai membudaya di kalangan generasi muda Klaten. "FKP menampilkan ketoprak sebagai hiburan segar dengan nuansa lebih moden. Namun demikian tetap menjaga esensi ketoprak sebagai sarana untuk pendidikan karakter dan kebersamaan."
 
Edy Sulistyanto dan Bondan Nusantara akan terus berupaya agar dari tahun ke tahun selalu ada inovasi, tidak hanya mengulang-ulang event yang sama sebelumnya. Naskah semakin variatif dan mencerminkan pluralisme dan semangat kebangsaan. Dewan yuri berganti secara periodik, serta terus dilakukan peningkatan kualitas lighting dan property.

"Kalau ditanya Klaten ini kota apa, sebenarnya Klaten adalah kota dalang. Selanjutnya saya bermimpi nanti Klaten adalah kota Ketoprak. Seni tradisional ini agar berkembang mulai dari Klaten. Mas Bonda Nusantara iri, kok ketoprak malah berkembanya di Klaten,” kata Edy Sulistyanto.(Sit)

BERITA REKOMENDASI