Pemeran di Tiga Titik, Warga Gumuk Pasir Berharap JSSP #3 Dongkrak Pariwisata

BANTUL, KRJOGJA.com – Pameran 33 karya seni patung dalam acara Jogja Street Sculpture Project #3 (JSSP#3) tersebar di tiga area, Kota Yogyakarta, Bantul, dan Sleman. Acara dibuka pada Minggu (16/11/2019), dan menjadi proyek ruang publik, sekaligus kontribusi dari seniman patung atas dinamika ruang hidup masyarakat saat ini.

Mengusung tema Pasir Bawono Wukir, JSSP #3 menggaet puluhan pematung, baik individu maupun kelompok, dari berbagai daerah di Yogyakarta. Mereka memberikan sumbangsih terhadap khazanah kesenian, khususnya seni patung, bagi masyarakat dan keberagaman seni di Yogyakarta.

Salah satu pematung kelompok, Ali Umar, mengatakan bahwa seniman berpartisipasi menyumbangkan pikiran dan karya mereka ke daerah tertentu  supaya publik dapat menikmatinya sebagai wisata. Ali berharap, melalui JSSP#3, pemerintah D.I.Yogyakarta akan lebih kooperatif lagi kepada karya dan seniman, sehingga daerah akan menjadi lebih maju dan baik.

Di sisi lain, harapan baik muncul dari Wusana, Dukuh Grogol 10, Parangtritis. Wusana mengungkapkan dalam rilis resmi JSSP#3, bahwa pihaknya sangat berterima kasih sebab Gumuk Pasir dipilih sebagai salah satu area display patung. Pihaknya memiliki harapan, dengan adanya JSSP#3 di desanya, akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan wisatawan di sana.

“Harapan kami dari JSSP#3 bisa mendogkrak pariwisata di sini karena kebanyakan pengunjung datang ke Gumuk Pasir selain menikmati keindahan gumuknya, juga suka swafoto. Dengan adanya (pameran) patung yang dipajang di sini, semoga bisa menambah view untuk foto dan wisatawannya makin meningkat,” ungkapnya. 

Pameran yang berlangsung hingga 10 Desember mendatang ini, meliputi 8 karya yang didisplay di Utara Kopi Kali Petung, Sleman, dan 12 karya ditampilkan di Area Titik 0 KM, Kota Yogyakarta. Adapun 13 karya lainnya ditempatkan di area display Bantul, tepatnya di Pantai Gumuk Pasir, Dusun Grogol 10, Parangtritis. (Ika Nur Khasanah/KR Academy)

 

 

BERITA REKOMENDASI