Penyanyi Trie Utami Banting Setir, Gelar ‘Dwi Rupa Bumi’ Bareng Nasirun

YOGYA, KRJOGJA.com – Selama ini publik mengenal nama Trie Utami sebagai penyanyi bersuara emas sekaligus vokalis band Krakatau. Namun, siapa sangka bakat seni adik kandung komposer Purwatjaraka ternyata tak terbatas pada seni tarik suara saja.

Minggu (18/3/2018) malam, Jogja Gallery di Jalan Pekapalan Alun-Alun Utara tampak jauh lebih ramai daripada biasanya. Ternyata Trie Utami yang menggandeng seniman rupa Nasirun meresmikan pembukaan pameran seni rupa bertajuk Dwi Rupa Bumi.

Tidak main-main, Trie Utami membawa 29 karya lukis dan 2 karya sketsa dalam pameran yang bakal digelar hingga 30 Maret 2018 mendatang. Sementara, Nasirun memamerkan 12 karya yakni 2 karya lukis, 9 alat musik, 1 karya wayang dan 1 karya instalasi yang juga sebenarnya menampilkan sisi lain seniman satu ini.

Meski berkesenian dalam bentuk lain, Trie Utami “iie” mengungkap bahwa sebenarnya ia tak meninggalkan sepenuhnya seni bernyanyi saat membuat lukisan. “Lukisan ini sebenarnya rekaman suara saya di dalam sunyi, dengan syair warna dari progresi harmoni peristiwa. Selamat mendengarkan improvisasi sepi dalam riuh rendah terpukau yang teramat hening,” ungkapnya.

Iie mengatakan sebenarnya sudah cukup lama melukis meski akhirnya baru kali ini dipamerkan secara luas ke publik. “Jujur saja saya melukis itu sak karepku dan sak metune, ya inilah suara yang saya tuangkan dalam bentuk lain,” imbuhnya tersenyum.

Sementara Nasirun mengibaratkan karya seni Iie sebagai bentuk kemerdekaan seniman. Perupa tenar ini bahkan tak kesulitan saat berkolaborasi bareng Trie Utami yang notabene berawal dari seniman musik.

“Saya kira beliau mewakili seniman yang sebenarnya, tidak terbelenggu dan merdeka. Karyanya mampu menyampaikan makna mendalam dan saya tidak menemukan kesulitan berkolaborasi dengan beliau,” ungkapnya.

Nasirun sendiri mencoba merespon sosok Iie ke dalam karya seni rupa dengan media alat-alat musik. Gitar, bas betot hingga harpa dipilih untuk kemudian dikreasi hingga berubah jauh lebih Indah daripada biasanya.

Nah, jika penasaran dengan kolaborasi kedua seniman yang sebenarnya beda genre ini. Coba saja datang ke Jogja Gallery di Jalan Pekapalan. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI