Peroleh Hibah MOWCAP, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Rilis INGATAN

Editor: Ary B Prass

Selain pameran online, Bincang Seni “Memperpanjang Ingatan” juga dihadirkan sebagai kesempatan untuk bertukar pikiran mengenai kelanjutan proses pengelolaan koleksi arsip dan dokumentasi di PSBK.

Doni Maulistya pengurus Yayasan PSBK menambahkan, “Proses pengelolaan dan aktivasi arsip dan dokumentasi yang kami lakukan tahun ini akan menjadi modal dasar untuk mengembangkan kerja penelusuran pengetahuan berbasis peristiwa masa silam dan pendokumentasian pengetahuan yang akan terjadi melalui peristiwa di masa yang akan datang. Modal inilah yang akan digunakan untuk memantapkan rencana jangka panjang kami untuk membuka akses koleksi arsip Bagong Kussudiardja kepada publik melalui pusat dokumentasi atau research center”.

Terdapat lebih dari 500 karya seni asli Bagong Kussudiardja (lukisan, gambar, sketsa, patung); dan ribuan arsip yang terdiri dari dokumen teks, foto, ephemera, dan rekaman video dan audio yang berkisar dari tahun 1950-an hingga 2010. Materi tersebut kini telah tercatat dalam Daftar Arsip serta dikurasi dan dipamerkan di laman website ingatan.psbk.or.id yang dapat diakses mulai Rabu (15/12/2021). (*) 

BERITA REKOMENDASI