Pertahankan Regenerasi Dunia Pedalangan di Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Djanggan Purbo Jati dari Kulonprogo berhasil meraih Juara I dalam Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja se-DIY 2020 yang digelar Dinas Kebudayaan DIY didukung Pepadi DIY dalam pementasan daring yang dilaksanakan di Gedung Soceietet TBY, Kamis-Jumat (27-28/8/2020). Sementara untuk kategori Dalang Tema, Juara I direbut Erlangga Bertrant Pashandaru dari Gunungkidul.

“Melalui kegiatan pembinaan pedalangan, selain pelatihan kepada para siswa pedalangan, pengrawit dan lainnya dalam rangka regenerasi seniman pedalangan serta memberikan motivasi dan membangkitkan kreativitas, kecintaan generasi muda terhadap seni pedalangan,” kata Kasi Pemiliharaan Pengembangan Warisan Budaya Takbenda Disbud DIY Sri Wahyuni di sela acara.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan karena berguna sebagai media pelestarian pengembangan dan implementasi nilai luhur dalam masyarakat melalui seni pedalangan. Khusus tahun ini pihaknya sengaja menjalankan program kegiatan menggunakan media daring dan protokol kesehatan ketat tanpa mengurangi kualitas pementasan.

BERITA REKOMENDASI