Program Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun NTT Dorong Geliat Komoditi Tenun

KUPANG, KRJOGJA.com – Program Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi diluncurkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Peluncuran yang dilakukan pada 17 Oktober 2021 ini dilakukan secara campur/hibrida dengan protokol kesehatan yang ketat.

PKW Tekun Tenun NTT merupakan program kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT. Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti dalam siaran persnya, Rabu (19/10/2021).

Penyelenggaraan PKW Tekun Tenun NTT memiliki peranan penting dalam mendorong terciptanya wirausahawan muda dengan sasaran anak putus/tidak bersekolah pada rentang usia 15 – 25 tahun.

Program tersebut diharapkan dapat mendorong geliat terciptanya wirausaha muda bidang tenun di Provinsi NTT agar lebih berkualitas dan dapat memiliki daya saing yang mampu mengangkat perekonomian tingkat lokal maupun internasional.

“Program PKW memiliki tujuan yang sangat mulia, yaitu membekali peserta didik dengan cara melatih dan mendidik di bidang kewirausahaan serta keterampilan vokasi yang diharapkan dapat tumbuh dan berkembang jiwa maupun sikap kewirausahaan yang pada akhirnya mereka mampu untuk mendirikan rintisan usaha dengan dibimbing oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” ujar Suharti.

BERITA REKOMENDASI