Regas Kenalkan Sastra Pada Anak Muda

Editor: Ary B Prass

 

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Beberapa anak muda Kulonprogo yang menaruh minat pada dunia sastra membentuk kelompok Remaja Geblek Bersastra (Regas) yang memunyai aneka program kreatifitas sastra baik penulisan maupun pemanggungan karya. Regas berdiri 18 November 2021 langsung menunjukkan aksinya. Keterangan ini disampaikan oleh Ketua Regas Tri Wahyuni, Minggu (16/1/2022).

“Bagi kami, siapa pun boleh menulis siapa pun boleh tampil dan berhak mendapat apresiasi,” kata Tri Wahyuni.

Programnya adalah : Regas Berburu Karya, Regas Ibadah Sastra (unggah karya di grub WA). Regas Eksis Karya (unggah karya di blog), Regas Pentas Sastra (pentas baca karya), Pertemuan Rutin diskusi, pelatihan dan talkshow. Konten Regas Eksis (eksis di sosmed instagram dan youtube) juga membuat buku antologi karya.

Tri Wahyuni sendiri secara pribadi sudah banyak berkiprah dalam dunia sastra baik tulis maupun pemanggungan.

Sebagai Ketua, Tri Wahyuni didampingi dua orang wakil ketua Ahmad Hibban dan Kihuana Ilyasa. Regas memiliki visi dan misi untuk mewujudkan cita-cita bersama. Sebagai anak muda, menurut Tri Wahyuni, Regas ingin ikut berperan serta dalam memajukan sastra, memunculkan potensi muda sastra yang berkualitas dan menjadi generasi muda cerdas, kreatif, dan bersastra.

Untuk itu menurut Tri Wahyuni, Regas melakukan beberapa misi antara lain mengajak anak muda mengenal sastra, menghadirkan ruang berekspresi dan terus menyebarkan inspirasi dalam berkarya. Regas sudah ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sastra dan pentas seni di Kulonprogo.

Perkumpulan ini berawal dari kegiatan Kelas Sastra Art for Millenial yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kulonprogo. Kemudian ketika berkumpul kembali, mengisi acara Selasa Sastra, ada lebih dari 10 pemuda yang sepakat untuk membentuk komunitas sastra dengan nama Remaja Geblek Bersastra. (War)

BERITA REKOMENDASI