RS Jiwa Grhasia DIY Sebar Tiket Ketoprak Gratis

Editor: Ary B Prass

YOGYA (KRjogja.com)- Dalam upaya mengurangi stigma Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Rumah Sakit Jiwa Grhasia DIY bakal mensosialisasikan masalah ini dalam pentas ketoprak bertajuk Panggung Laras Jiwa 'Ketoprak Tlaga Banyu Bening', di Auditorium RRI Gejayan, Rabu (30/11/2016) mulai pukul 9.30 WIB. Untuk menyaksikan acara yang didukung SKH Kedaulatan Rakyat dan KRjogja.com ini, tidak dipungut biaya alias gratis.

Acara ini diselenggarakan dari rasa prihatin saat terdengar berbagai stigmatisasi dan diskriminasi yang masih sering  dialami oleh anggota masyarakat yang dinilai berbeda dengan masyarakat pada umumnya, termasuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), antara lain dikeluarkan dari sekolah, diberhentikan dari pekerjaan, diceraikan oleh pasangan, hingga ditelantarkan oleh keluarga, bahkan dipasung, serta dirampas harta bendanya.

Ifada Fauzia selaku panitia mengatakan, lakon 'Telaga Banyu Bening' diibaratkan sungai dengan air jernih, sejernih jiwa-jiwa rendah hati yang rindu damai dan keselarasan jiwa. 'Telaga Banyu Bening' simbolisasi suatu tempat yang penuh  dengan sentuhan kasih sayang orang-orang yang berada di dalamnya. "Dalam kejernihanya, air telaga ini mampu merehabilitasi jiwa yang terguncang. Tak terkecuali Suranti yang sempat menggegerkan dusun Klampis, 
demikian tersentuh sejuknya air jernih dari Telaga Banyu Bening, maka ia kembali dapat menemukan ketenangan jiwanya," tambahnya dalam siaran pers yang dikirim Senin (28/11/2016).

Ketoprak ini dimeriahkan bintang tamu Dalijo Angkring, Aldo Iwak Kebo dan dr Mahar Agusno SpKJ (praktisi kesehatan jiwa). untuk memperoleh tiket gratis ketoprak bisa datang ke Marcomm KR Jl Margo Utomo 42 tiap jam kerja.(*) 

BERITA REKOMENDASI