Sejarah Membuktikan, Indonesia Adidaya Bidang Budaya

YOGYA, KRJOGJA.com – Indonesia merupakan negara adidaya di bidang budaya, dan belum ada negara mana pun yang bisa menandingi. Museum mempunyai peran dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Drs Suharja ketika membuka pameran dan gelar seni SMAN 2 Yogyakarta di Benteng Vredeburg Yogyakarta, Sabtu (18/1/2020). Tema kegitan hari itu adalah Kreativitas Tiada Batas Art Exhibition Infonity in Creativity. 

"Museum adalah ruang publik, tempat untuk berekpresi, kami terbuka bagi siapa saja yang akan mengadakan kegiatan di museum ini," kata Suharja. 

Beberapa kegiatan baik tingkat lokal, nasional maupun internasional pernah digelar di museum tersebut. Ada ruangan untuk seminar dan tempat untuk seni pertunjukkan. Terbuka bagi siapa saja. Museum berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jadi  memang ikut  berperan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Suharja membuka pameran hari itu dengan memukul gong sebanyak dua kali, kemudian meninjau pameran lukisan didampingi oleh Kepala SMAN 2 Yogyakarta Kusworo SPd MHum dan Ketua Panitia Jelly Eko Purnomo SPd.

Kusworo menjelaskan kegiatan hari itu adalah merupakan tugas akhir dari siswa kelas XII di bidang seni budaya. Siswa menampilkan karyanya sesuai dengan kegiatan seni budaya yang diikutinya. Antara lain seni rupa, seni tari, dan seni musik. Ada 288 siswa yang mengikuti kegiatan hari itu.

Menurut Kusworo pameran dan pementasan tugas akhir baru pertama digelar di luar sekolah. Rencana kegiatan itu akan rutin dilaksanakan setiap tahun. Siswa diberi kesempatan untuk berkreatifitas. Tari, musik dan senirupa semua hasil kreasi siswa.(War)

BERITA REKOMENDASI