Solo Masih yang Terbaik

SEMARANG (KRjogja.com) – Orkes Keroncong (OK) Gema Buana Surakarta, menjadi penampil terbaik dan berhak menyandang sebagai Juara I dalam Lomba Orkes Keroncong Tingkat Jawa Tengah yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang bekerjasama dengan Himpunan Artis Musik keroncong Indonesia (HAMKRI) di taman Budata Raden Saleh (TBRS) Semarang, Sabtu (24/9/2016) malam.

Tampil sebagai Juara II OK Tetap Segar Semarang, Juara II OK Damai Musik Surakarta, Juara Harapan I OK Cokro Kembang Klaten dan Juara Harapan II OK Bintang Sukma Sukoharjo. Sedangkan terpilih sebagai vokalis Keroncong Putra dan Putri Terbaik Riszky Adhika Noersetyo dari OK Cokrokembang Klaten dan Sheila Ayu Mustikarani.

Lomba diikuti 13 grup orkes keroncong hasil seleksi di tiap-tiap daerah di wilayah Jawa Tengah. Sedangkan juri lomba terdiri dari Drs Siswanto MHum, Sulistio Hadi SPd MM dan Lilik Tri Cahyo.

Dewan juri menilai bahwa penampilan para peserta meski sudah cukup baik namun masih ada yang perlu dipahami dalam berkreatifitas. "Keroncong memang harus berkembang, namun harus bertahap dan ada batasannya agar tidak keluar dari pakemnya. Oleh karena itu dalam mengkreasikan aransmen misalnya, harus benar-benar memperhatikan accord, nada dan tonasi. Sehingga antara vokal dan musik akan selaras. Para pemusik pun juga harus mampu menguasai kreasi aransemen sebagaimana ada di partitur sesuai kemampuan yang dimiliki, jangan hanya mengandalkan partitur, namun akhirnya tidak dapat mengikutinya karena kurang cakap," ujar Ketua Dewan Juri, Drs Siswanto MHum.

Kasturi, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang dalam sambutan mewakili Walikota Semarang Hendrar Prihadi SE MM, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Semarang setiap tahunnya menggandeng HAMKRI dalam menubuhkan semangat pelestarian dan prestasi seniman keroncong di Kota Semarang.

"Saya berharap seni musik keroncong di Semarang akan maju seperti Surakarta dan orang tidak akan sulit mendapat hiburan Orkes Keroncong. Kami merasa bahagia karena seni keroncong di Semarang ini masih tumbuh dan makin berkembang," ungkap Kasturi. (Cha)

BERITA REKOMENDASI