“Sudah Ingat” Sajikan Karya Fotografi Cetak Tua Mahasiswa FSMR ISI Yogyakarta

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar pameran Fotografi Cetak Tua. Pameran yang mengusung tema “Sudah Ingat” ini merupakan bagian dari Alternative Photographic Process Week (APHIC) #2.

Sebanyak 77 mahasiswa menampilkan karya cetak tua yang digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada 23-26 Februari 2022. Pameran ini diselenggarakan sebagai penanda berakhirnya proses perkuliahan mata kuliah Fotografi Cetak Tua.

Kurator pameran Dr. Irwandi, M.Sn dalam pers rilis yang dikirim ke Redaksi mengatakan, para mahasiswa menampilkan karya-karya yang dihasilkan dengan beragam teknik cetak tua seperti cyanotype, vandyke, Gum Bichromate, dan anthotype. Selain itu, para mahasiswa pun menggunakan beragam media, seperti kertas, kaca, kayu, sebagai media cetak sehingga menampilkan wujud karya seni visual yang unik.

“Fotografi Cetak Tua sendiri merupakan teknik cetak fotografi abad 18 yang menjadi bagian dari cikal bakal fotografi modern pada saat ini. Teknik ini secara khusus diajarkan di Program Studi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta sebagai mata kuliah wajib pada semester gasal,” imbuhnya.

Sebagai rangkaian pelaksanaan pameran, digelar pula beberapa acara seperti seminar mengenai fotografi cetak tua, workshop fotografi cetak tua, live mural, bedah karya dari pameris yang terpilih, dan diskusi karya dengan KKM Terashering.

BERITA REKOMENDASI