Tampil Beda, Matra Kriya Fest 2020 Digelar

YOGYA, KRJOGJA.com – MATRA Kriya Fest (MKF) 2020 resmi digelar, Sabtu (14/11/2020) malam, di Pendhapa Art Space. Pembukaan MKF 2020 bertajuk ‘Nusantara in Slice’ itu berbeda dari dua tahun sebelumnya.

MKF kali ini hanya dihadiri oleh beberapa tamu undangan dengan jumlah terbatas karena harus menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dari pemerintah. Namun kegiatan tersebut bisa disaksikan oleh masyarakat melalui daring di channel YouTube Dinas Kebudayaan D.I. Yogyakarta, (tasteofjogja disbud diy).

Pembukaan MKF kali ini menyuguhkan fashion show hasil karya dari empat desainer yaitu, Novi Bamboo, Lutfi Koriah Yunani, Merlin, serta Caroline Rika. Meski dihelat di tengah pandemi Covid-19, pembukaan MKF berlangsung hidmat dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa bersama.

Tak hanya fashion show, pembukaan MKF tambah seru dan meriah dengan penampilan Tari Klasik dan Tari Retno Sari dari Sanggar Seni Rnb serta Tari Kreasi Baru dan Tari Indonesia Menari dari Gora Art.

MKF 2020 mengusung tema besar bertajuk Nusantara in Slice dimaksudkan sebagai jalan tengah untuk menyadari keterbatasan menyelami seluruh bentuk seni rupa, serta wacana yang tersebar dan beragam di Indonesia. Mengingat beragamnya kekayaan intelektual seni yang dimiliki, bermacam warna budaya, dimensi sosial yang unik dan kaya, serta sejarah yang berbeda-beda tiap daerahnya.

BERITA REKOMENDASI