Tampilkan Tarian Empat Kerajaan Dinasti Mataram

EMPAT tari Srimpi dari empat kraton peninggalan dinasti Mataram, Kasultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran dan Pura Pakualaman akan tampil dalam Gelar Budaya Jogja 2017 'Catur Sagatra' di Kagungan Dalem Pagelaran Kraton Yogyakarta, Kamis-Jumat (12-13/10) mulai pukul 19.30 WIB.

"Kegiatan ini untuk makin merekatkan kembali kemanunggalan dan kekerabatan di antara penerus dinasti Mataram yang kini berada di empat kraton tersebut," tutur kepala Seksi Seni Tradisi Klasik Dinas Kebudayaan DIY, Purwiati kepada KRJOGJA.com, Rabu (11/10/2017).

Selain itu, lanjut Purwiati, kegiatan ini murni terkait dengan pelestarian budaya tanpa ada kaitan sedikitpun dengan dunia politik. Tema 'Srimpi' yang diangkat pada 2017 ini juga bertepatan dengan ditetapkannya Beksa Srimpi di Yogyakarta sebagai Warisan Budaya Takbenda Nasional 2017 dari Kemendikbud RI belum lama ini.

Dalam kesempatan pentas pertama, Kamis (12/10) malam, akan tampil delegasi dari Kasultanan Yogyakarta yang siap membawakan Beksan Srimpi Merak Kesimpir dan Beksan Wireng Kswamuka-Sugriwa. Selanjutnya disusul kontingen Kasunanan Surakarta yang akan menghadirkan Beksan Srimpi Sukarsih dan Beksan Wireng Bugis Kembar.

Pada pentas kedua, Jumat (13/10) malam, akan tampil kontingen Pura Mangkunegaran dengan Beksan Srimpi Muncar dan Beksan Wireng Bandabaya. Selanjutnya akan tampil tim Pura Pakualaman membawakan Beksan Srimpi Renyep dan Beksan Wireng Banjaransari-Rayungwulan. (Feb)

BERITA REKOMENDASI