Teater Lilin Pentaskan ‘Revoluntari’

SUKSES dalam dua rangkaian acara sebelumnya "Bancakan" dan "Tutur Sembur" pada 18 Mei 2017, UKM Teater Lilin Universitas Atma Jaya Yogyakarta kembali mempersembahkan Perjamuan Lilin 19 yang dikemas dalam pementasan drama tari kontemporer "Revoluntari" pada 20 Mei 2017 di Pendhopo Gasebu, Dusun Tegalcorocanan, Solodiran Manisrenggo Klaten. 

Karya tim artistik UKM Teater Lilin UAJY tersebut dihadiri oleh 150 orang yang terdiri dari rekan mahasiswa dan warga Dusun Tegalcorocanan dan berdurasi. Revoluntari disutradai oleh Pulung LA. Ide Revoluntari itu sendiri menekankan pada kekacauan di dalam budaya masyarakat yang tergerus oleh budaya modern juga sikap bangsa sebagai pemilik budaya lokal yang seperti kebingungan dan kehilangan arah akan budaya mana yang akan dipilih. 
Ide menarik dari tim artistik UKM Teater Lilin tersebut dikemas cantik dalam drama tari kontemporer, yang dipentaskan oleh 20 orang penari, 2 orang penyanyi, 6 orang musisi, 10 orang pengrawit, dan melibatkan Drs. Sukisno M,Sn sebagai komposer tim musik karawitan. 

Pementasan yang berdurai 1 jam 30 menit tersebut mengisahkan seorang perempuan bernama Kunthi yang hijrah dari desa ke kota. Kunthi sangat menyukai sebuah taman di sudut kota yang terdapat patung Dewa Wisnu. Suatu hari, Kunthi bertemu dengan teman-teman barunya yang menyukai tarian modern. Kunthi tertarik untuk mempelajarinya. Karena tidak begitu mahir maka membuat teman-teman barunya itu kesal dan tidak mau mengajari Kunthi lagi. Kunthi bersedih dan berubah menjadi burung Kuntul. 

Patung Dewa Wisnu tiba-tiba berubah menjadi manusia yang memberikan nasihat kepada Kunthi agar ia bangkit dari keterpurukannya, Dewa Wisnu jugalah yang membantu Kunthi dan teman-temannya rukun kembali dengan cara menggabungkan dua tarian yang amat berbeda, tarian tradisi dan modern. 

"Pementasan Revoluntari diharapkan dapat menjadi solusi peleburan unsur budaya lokal dan modern, sehingga nantinya dapat menjadi inspirasi bagi semua komponen masyarakat yang terlibat dan penonton Jalin Ke-19 ini," ungkap Pulung LA sebagai sutradara Revoluntari. (*)

BERITA REKOMENDASI