The Alamanders Meriahkan “Alasan Bertemu” FKY 2021

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com– Menuju pertengahan rangkaian FKY 2021 “Mereka Rekam”, hadir program Pertunjukan Highlight yang berangkat dari fungsi pertunjukan sebagai hiburan sekaligus memiliki muatan informasi dan pengetahuan. Pertunjukan musik Alasan Bertemu hadir dengan menitik beratkan pada komunitas sebagai semangat keberdayaan.

Sebagai sebuah pencatatan, penting untuk melihat budaya musik di luar genre yang saat ini terus muncul dan berkembang. Dalam konteks Yogyakarta, komunitas/grup menjadi bagian yang merepresentasi perkembangan dan catatan atas musik itu sendiri.

Yogyakarta menjadi penyumbang khasanah yang cukup signifikan dalam perkembangan musik populer di Indonesia. Karakter khas yang ditawarkan berbagai musik populer di Yogyakarta adalah kemunculannya sebagian besar berasal dari komunitas yang akrab dengan disiplin seni lainnya. Sejarah mencatat bahwa Yogyakarta telah menjadi ruang pertemuan ragam budaya. Karakter luwes dan terbuka terhadap pertemuan ragam budaya ini terus bertahan hingga saat ini.

Banyak komunitas/grup musik yang cenderung berkumpul di studio musik. Band dekade 1990-an tentunya akan akrab dengan keberadaan studio Alamanda atau sebelumnya bernama studio Batas. Studio legendaris ini
adalah cikal bakal kehadiran komunitas Alamanda Music Corner.

Komunitas Alamanda merupakan komunitas yang telah melahirkan banyak musisi di Yogyakarta, baik grup maupun individu. Beberapa dari mereka saat ini mungkin tak asing lagi di telinga kita, seperti Sheila On 7, Jikustik, Endank Soekamti, dan The Rain. Beberapa nama tersebut bahkan memiliki pengaruh pada ranah musik dan industri secara nasional.

“Dalam pertunjukan musik kali ini, musisi komunitas Alamanda akan berkolaborasi dengan band anak Yogyakarta, The Beast Kidz dalam lagu Kunang-Kunang yang dipopulerkan oleh band Esnanas. Kolaborasi ini
sebagai salah satu tujuan memberi ruang percakapan antar generasi dan imajinasi tentang masa depan,” ujar Salsabila Daniswara, selaku narahubung FKY 2021.

 

BERITA REKOMENDASI