Tumpengan Puisi 19 Tahun SRMB Bak Air Pancuran Menampung Gagasan 

Editor: Ary B Prass

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kalau sekelompok seniman merayakan ulangtahun berdirinya kelompoknya, tentu dengan kegiatan berkaitan dengan seni. Seperti yang dilakukan seniman yang tergabung dalam Sekolah Rakyat Melu Bae (SRMB) Kebumen Jawa Tengah ketika memperingati perjalanan umurnya yang ke-19 tahun. Mereka menggelar acara Tumpengan Puisi, di markas Bulles D’ress Bumiharjo Klirong Kebumen, Sabtu (15/1/2022) malam.

 

Salah seorang pendiri SRMB Pitra Suwito menjelaskan, malam itu Kepala Desa Bumiharjo Aris Hargiantara SE ikut membaca puisi, karya Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo. Acara diawali dengan pentas musikalisasi puisi dan pembacaan puisi yang dipandu oleh Ari Susanto.

“Selama 19 tahun, SRMB sudah banyak kegiatan literasi, dan pementasan seni,” kata Pitra Suwito.

Desember 2021 kemarin, SRMB meluncurkan antologi puisi Kuputarung 3, dilanjutkan lomba baca puisi Kuputarung 3. Di bulan yang sama menggelar pentas kuda kepang dan cepetan di Desa Watulawang Kecamatan Pejagoan.

Meskipun acara tumpengan berlangsung sederhana, namun warga SRMB beharap bisa menjadi air pancuran yang selalu menampung gagasan yang mengucur untuk lahir menjadi karya. Entah dari literas, musik, dan teater dari kalangan muda terdidik dan milenial. SRMB mulai memikirkan generasi yang akan melanjutkan gerak kelompok tersebut.

BERITA REKOMENDASI