‘Undagi’, Pesta Kriyawan Tanah Air

YOGYA (KRjogja.com) – 22-28 Agustus 2016, pecinta seni di Yogyakarta berkesempatan menyaksikan karya-karya menarik dari seniman kriya tanah air di Jogja Gallery kawasan Alun-Alun Utara. Tak kurang 105 karya seni kriya akan dipamerkan dalam kegiatan yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.  

Koordinator kurator, Timbul Raharjo dalam temu pers di titik 0 kilometer, Rabu (10/9/2016) mengatakan perhelatan Undagi ini sekaligus juga menjadi bentuk semangat kemerdekaan yang dilakukan oleh seniman kriya dari seluruh Indonesia. Menurut dia, ada tiga jenis karya yang ditampilkan dalam pergelaran tersebut.

"Ada seni kriya heritage yakni yang nantinya bisa menjadi penarik pariwisata di masing-masing daerah, ada juga seni populer yang mendatangkan sisi ekonomi bagi seniman dan juga karya alternatif yang memberi kepuasan tersendiri bagi kriyawannya. Semuanya akan ditampilkan dalam Undagi ini," lanjut Timbul.  

Sementara Agus Sriyono salah satu kurator lain menambahkan ada 97 peserta dari hampir seluruh kota besar di tanah air yang sudah mengirimkan karya terbaiknya. "Total sudah 105 karya yang masuk dari 97 peserta, 6 karya heritage, 16 karya populer dan sisanya alternatif," imbuhnya.

Pemilihan tema Undagi sendiri didasarkan pada makna kata undagi dalam bahasa Sansekerta yang berarti pertukangan yang pekerjaannya meliputi merencanakan hingga eksekusi akhir. Diharapkan para seniman menampilkan karya terbaik untuk merayakan semangat kemerdekaan yang diperingati 17 Agustus nanti. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI