Upaboga, Ketika Makanan Bercerita

SETELAH vakum beberapa masa dari kegiatan pameran akibat pandemi Covid-19, Museum Sonobudoyo Yogyakarta (MSB) kembali hadir dengan menggelar pameran. Kegiatan pameran merupakan upaya museum dalam mengemban misi menjadi museum yang unggul dan kompetitif dengan menjaga sumber daya budaya dan pelestari warisan budaya.

Pameran ini juga merupakan upaya museum dalam menjaga dan membangun kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai budaya. Di sisi lain, penyelenggaraan pameran merupakan media penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang warisan pengetahuan budaya melalui benda-benda koleksi museum maupun melalui berbagai media pendukung pameran.

Annual Museum Exhibition (AMEX) merupakan agenda rutin yang digelar akhir tahun Museum Sonobudoyo sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY. Kegiatan pameran dan berbagai acara pendukung di dalamnya didanai Dana Keistimewaan. Pameran ini merupakan bagian dari upaya museum untuk mengambil peran dalam membentuk karakter dan identitas bangsa dengan membangun kesadaran akan nilai-nilai budaya. Dilakukan dengan mengangkat tema unik dan menarik, menggali potensi koleksi museum.

Pada AMEX 2021 ini mengambil tema besar tentang makanan. Mengusung tajuk ‘Upaboga: Ketika Makanan Bercerita’. Pameran ini berbicara mengenai kaitan antara makanan dengan kebudayaan dan masyarakat yang dilaksanakan di Gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo Jalan Pangurakan No 4 Yogyakarta, 6 November 2021 – 30 Desember 2021.

BERITA REKOMENDASI