Wastra Nusantara Virtual Market, Kain-kain Asli Indonesia Dalam Kemasan Kekinian

YOGYA, KRJOGJA.com – Memperingati Hari Pemuda Internasional (International Youth Day) 2021, organisasi PBB untuk pendidikan, sains dan kebudayaan – UNESCO Jakarta – bekerja sama dengan Citi Indonesia menggelar Wastra Nusantara Virtual Market, Rabu (18/8/2021). Wirausahawan muda yang berjuang melestarikan kerajinan leluhur berkumpul memadukan praktik tradisional dan kontemporer untuk melestarikan lingkungan.

Karya-karya mereka berhasil menciptakan mata pencaharian warga sekitar sekaligus membantu masyarakat di masa sulit akibat pandemi yang menghancurkan banyak usaha mikro, kecil dan menengah. Dalam acara virtual tersebut pengunjung akan banyak mendapat pengetahuan tentang wastra tradisional seperti batik, ulos, tenun Lombok, tenun Endek, dan Lurik.

Moe Chiba, Programme Specialist for Culture UNESCO Jakarta mengatakan audiens dapat langsung memesan dan memiliki wastra eco-print dan produk-produk fesyen yang akan ditampilkan para wirausaha muda tersebut selama acara ini digelar. Kreativitas luar biasa muncul, menggabungkan disiplin dan ide yang ada dengan sentuhan tak terduga.

“Wirausaha muda di Indonesia melakukan hal tersebut dengan menghembuskan kehidupan baru pada wastra tradisional, dan menjadikan fesyen sebagai agen pembangunan lokal,” ungkap Moe dalam siaran pers tertulis yang diterima KRjogja.com.

BERITA REKOMENDASI