Wastra Nusantara Virtual Market, Kain-kain Asli Indonesia Dalam Kemasan Kekinian

Industri mode global saat ini sedang berada di bawah pengawasan ketat karena praktik-praktik tidak ramah lingkungan dan eksploitasi tenaga kerja. Dengan latar belakang ini wirausaha muda di Indonesia menemukan cara memastikan fesyen selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dengan mengangkat warisan budaya, memanfaatkan pewarna alami, serta mendukung inklusi keuangan perempuan dan pendapatan keluarga.

“Indonesia adalah salah satu produsen tekstil terbesar dunia dan industri fesyen memperkerjakan sekitar 3,7 juta penduduk Indonesia. Seiring usaha kita untuk pulih dari pandemi Covid-19, inovasi yang diinisiasi kaum muda sangat penting untuk membangun industri fesyen yang lebih berkelanjutan dan inklusif,” imbuh Valerie Julliand, Kepala Perwakilan PBB di Indonesia.

Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, hampir seperempat penduduk Indonesia terdiri dari kaum muda berusia antara 16 dan 24 tahun—atau sekitar 64,5 juta penduduk. Mereka inilah kelak di tahun 2030, akan menjadi tenaga kerja utama di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI