YK48 Film Dokumenter Sejarah Perfilman Yogyakarta Mulai Diproduksi

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com-  Sebuah film dokumenter berjudul YK48 bulan ini, tepatnya Senin (6/9/2021) lalu, mulai melaksanakan syuting hari pertamanya di kawasan Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DIY.

Film ini mencoba melakukan eksplorasi sejarah film Indonesia di Jogjakarta. Sejak hadirnya Kine Drama Institut di tahun 1947, lahirnya berbagai festival film di Yogyakarta yang diselenggarakan berbagai pihak, hingga munculnya kecenderungan para pembuat film yang menjadikan Yogya sebagai “studio terbuka”, di mana syuting film dilakukan dengan memanfaatkan karakteristik ruang daerah ini.

“Pertanyaannya kemudian, setelah kemeriahan ini apa yang tersisa? Adakah regenerasi? Adakah jaminan film Jogjakarta masih akan meriah hingga 10 tahun mendatang? Hingga pertanyaan besarnya: Sebagai produk kebudayaan, apa sih ‘Film Yogya’ itu?” ungkap Kiki “Komuk” Pea, sutradara film YK48, dalam siaran pers yang dikrim ke Redaksi KRJogja.com belum lama ini.

Film YK48 diproduksi oleh Pehagengsi, sebuah rumah produksi asal Yogyakarta, yang telah memiliki beberapa catatan pencapaian, seperti Winner Regional Indonesia 21st DigiCon Hong Kong 2019, Bulan Film Nasional 2020, dan yang terbaru adalah dirilisnya tiga film pendek di GoPlay pada tahun ini.

 

BERITA REKOMENDASI