Yohanes Siyamta Pernah Baca Buku di Depan Hewan, Ini Karya Lainnya

MEMBACA buku di depan simpamse dan gajah Gembira Loka Zoo pernah dilakukan oleh Yohanes Siyamta (55) ketika peluncuran buku karyanya yang berjudul ‘Dongane Maling’ berisi tulisan bunga rampai berupa geguritan, tembang, obrolan dan karya lainnya dalam bahasa Jawa.

Waktu itu acaranya diberi nama ‘Maca Buku kanggo Munyuk’. Karena membaca buku di kebun binatang maka panitia Natalan Pemda DIY, TNI dan Polri mengundang Yohanes Siyamta membaca geguritan ‘Dongane Maling

’ itu di Bangsal Kepatihan tahun 2008.

Selain itu Yohanes Siyamta juga melakukan pembacaan buku dari perempatan Tugu jalan kaki sampai Alun-alun Utara untuk melaunching bukunya yang berjudul ‘Lodheh Kahanan’. Untuk yang ini acaranya diberi nama Mbarang Maca Buku’ pada Desember 2009.

“Awalnya saya hanya menulis dalam bahasa Jawa, tetapi sejak tulisan opini saya dimuat di SKH Kedaulatan Rakyat tahun 2007, lalu saya mulai menulis dalam bahasa Indonesia pula,” ujar Siyamta, Rabu (29/’7). Menurutnya teruslah berkarya dan berkarya maka keberadaan dan penghargaan akan mengikuti.

BERITA REKOMENDASI