Yossie Riyani Sukses Rilis Single Langgam Kenyo Yogya

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ingin melestarikan lagu Jawa dan busana khas kebaya, menjadikan salah satu alasan bagi Yossie Riyani meluncurkan single perdananya. Dengan menggandeng Kondhe Mondoliko, lagu dengan genre langgam Jawa berjudul ‘Kenyo Yogya’ sukses dirilis perempaun asli Cilacap Jawa Tengah tersebut. Ia berharap single ini dapat menggugah kecintaan masyarakat untuk kembali mencintai lagu-lagu Jawa.

Yossie Riyani bisa disebut sebagai pendatang baru dalam dunia panggung musik. Sebelumnya ibu dua anak ini sering menyanyikan lagu-lagu, baik Jawa maupun dangdut yang ia ‘cover’ sendiri dan bisa dinikmati di channel YouTube.

Tak puas dengan itu, perempuan yang tinggal di Sedayu Bantul tersebut ingin menjajal kemampuannya dengan bernyanyi solo. Lagu Jawa khususnya langgam akhirnya ia pilih untuk mengawali debutnya di dunia tarik suara.

“Awalnya saya bersama teman-teman pemuda Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sedayu menyambut Natal. Kebetulan ada salah satu langgam Natal yang membuat saya tertarik. Setelah itu saya tertarik dan ingin menyanyikannya sendiri,” kata Yossie Riyani saat peluncuran single perdananya beberapa waktu lalu di Cafe Teko Tenang Sedayu Bantul.

Butuh waktu sekitar tujuh bulan bagi Yossie Riyani untuk memantapkan niatnya itu. Pasalnya sebagai bukan orang Jawa asli, ia tidak yakin dapat membawakan lagu langgam yang dikenal memiliki faktor kesulitan yang tinggi.

Hingga akhirnya ia bertemu dengan Kondhe Mondoliko. Lagu karya Kondhe Mondoliko berjudul Kenyo Yogya dipilih Yossie Riyani untuk merintis single awal dan akhirnya ia sukses membawakan langgam Jawa tersebut.

“Saya beruntung bisa bertemu dengan Om Kondhe. Saya bersyukur bisa bertemu seniman Yogya yang handal, semua terasa serba kebetulan,” kata Yossie Riyani.

Yossie Riyani Mengaku untuk membawakan lagu Kenyo Yogya butuh belajar dan penyesuaian. Ia sadar lagu yang dinyanyikannya ini menceritakan tentang sosok perempuan Yogya yang penuh dengan kelembutan, sehingga pesan dari ini harus bisa Yossie Riyani sampaikan ke pendengar.

“Kenyo Yogya menceritakan tentang kecantikan perempuan Jawa. Keeelokan dan tutur bahasanya yang ada dan segala tingkah lakunya yang baik. Itu harus saya kuasai dahulu sebelum membawakannya,” tutur Yossie Riyani.

Kesuksesan merilis single Keyo Yogya membangkitkan kepercayaan diri Yossie Riyani. Dalam waktu dekat perempuan yang juga tergabung dalam Perempuan Bersanggul Nusantara (PBN) ini akan segera meluncurkan single keduanya dengan masih mengusung lagu langgam Jawa.

Sementara itu Kondhe Mondoliko mengungkapkan awalnya ia tak yakin Yossie Riyani bisa membawakan lagu langgam Jawa ciptannya. Namun dengan melihat keseriusan Yossie Riyani, akhirnya Kondhe Mondoliko optimis Kenyo Yogya bakal sukses dibawakan penyanyi perempuan ini.

“Semula saya merasa ragu. Lagu langgam itu tidak mudah, harus bisa mencuri nafas dan vibranya harus kuat. Mbak Yossie bisa membawakannya,” kata Kondhe Mondoliko. (Van)

BERITA REKOMENDASI