Desa Gunungwangi Siap Sambut Wisatawan

- Jumat, 23 September 2022 | 03:30 WIB
Kepala Desa Gunungwangi bersama Kabid Dinporapar Kabupaten Purworejo, Praktisi Wisata, dan GenPi di depan makam Syekh Maulana Maghribi.
Kepala Desa Gunungwangi bersama Kabid Dinporapar Kabupaten Purworejo, Praktisi Wisata, dan GenPi di depan makam Syekh Maulana Maghribi.

Krjogja.com - PURWOREJO - Desa Gunungwangi, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo yang terletak di ketinggian 757 MDPL melakukan uji paket wisata pada hari Rabu, 21 September 2022. Dalam kegiatan tersebut ikut hadir Kabid Dinporapar Kabupaten Purworejo, praktisi pariwisata, dan GenPi Kabupaten Purworejo.


Desa Gunungwangi menawarkan wisata religi yaitu makan Syekh Maulana Maghribi yang menyebarkan agama Islam di wilayah Purworejo dan sekitarnya sekitar Tahun 1453 M. Dalam kompleks makam tersebut juga terdapat berbagai tokoh penting yang membantu menyebarkan agama Islam. Wisata religi makam Syekh Maulana Maghribi sudah sering diziarahi oleh peziarah dari daerah sekitar bahkan dari luar pulau Jawa.


Selain menawarkan wisata religi, Desa Gunungwangi juga menawarkan wisata edukasi yaitu pembuatan gula aren dan peternakan Kambing Peranakan Etawa. Desa Gunungwangi yang terletak di pegunungan juga menyuguhkan bentang alam yang indah serta udara yang sejuk, salah satunya adalah Jengger Wilah dimana wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari sisi tebing sambil menikmati kelapa muda segar langsung dipetik dari pohonnya.


Kabid Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata, dan Ekraf Dinporapar Purworejo, Endah Hana Rosanti menyatakan bahwa Desa Wisata Gunungwangi telah lolos penilaian sebagai desa wisata rintisan, dan secara formalitas hanya menunggu turunnya SK dari pemerintah terkait.


"Untuk wisata religi makam Syekh Maulana Maghribi memang sejak dulu sering dikunjungi peziarah baik dari wilayah sekitar bahkan dari luar pulau Jawa. Selain wisata religi tersebut, kami menyadari bahwa Desa Gunungwangi memiliki banyak potensi lain yang bisa kami angkat, seperti edukasi pembuatan gula aren, edukasi peternakan Kambing Peranakan Etawa dan keindahan bentang alam yang kami punya," ungkap Priyo Dwi Prayitno, Kepala Desa Gunungwangi. (*)

Editor: Danar W

Tags

Terkini

Sinau Bareng Gawe Kopi Sambut Hari Kopi Sedunia

Minggu, 1 Oktober 2023 | 17:05 WIB

102 Klenteng di Magelang Ikuti Jutbio

Minggu, 1 Oktober 2023 | 16:30 WIB

Mekanik Motor jadi Pengedar Pil Koplo

Selasa, 26 September 2023 | 17:00 WIB

Hary Agung Prabowo Dilantik Jadi Pj Bupati Temanggung

Senin, 25 September 2023 | 11:45 WIB

Kekeringan Mulai Melanda, Donasi Air Bersih Digalakkan

Sabtu, 23 September 2023 | 19:45 WIB

Gen-Z Berperan Penting Mencegah Hoaks Pemilu

Rabu, 20 September 2023 | 02:30 WIB
X