Drummer Band Banting Setir Jadi Mekanik Sepeda, Bantu Servis Keliling Tanpa Patok Tarif

PANDEMI Covid-19 mengubah situasi kehidupan, termasuk yang dialami Eli Cristian Budi Putra (27) warga Pugeran Kota Yogyakarta, seorang musisi yang akhirnya harus beralih profesi sebagai mekanik sepeda. Tidak ada panggung dan aktivitas berkesenian akibat kebijakan memutus penyebaran Covid-19 berdampak luar biasa bagi Christian yang akhirnya harus banting setir menekuni profesi lain.

Kepada KRjogja.com, Tian begitu ia akrab disapa menceritakan sejak beberapa tahun terakhir ia aktif bekerja sebagai musisi, drummer sebuah band. Penghasilan sebagai musisi dikatakannya cukup lumayan bisa membiayai keluarga kecil yang dimiliki.

Namun, kondisi berubah setelah pandemi mulai menerjang pada Maret 2020 lalu. Seniman menjadi salah satu terdampak karena panggung tak lagi boleh diakses yang berarti dapur musisi juga berhenti mengebul.

“Saat itu bingung, karena rencana pekerjaan otomatis berhenti semua karena pandemi. Event semua stop dari gathering, wedding bahkan reguler di hotel atau cafe stop. Lalu saya dan istri mikir, usaha apa biar bisa survive. Pas itu, dua bulan setelah pandemi sepeda booming lagi, lalu saya mikir jadi mekanik saja,” ungkapnya ketika berbincang, Selasa (21/9/2021).

BERITA REKOMENDASI