Pandemi Covid-19, Pendapatan IKM Asal Kalasan ini Melonjak 100 Persen dan Tembus Pasar Italia

PANDEMI Covid-19 membuat sektor ekonomi nasional terpengaruh. Semua sektor mengalami dampak buruknya. Termasuk IKM manufaktur yang sempat ikut terimbas.

Tak mau terpuruk lebih lama, PT Sinar Mulia Teknalum (Simultek) yang berlokasi di Dhuri, Kalasan, Kabupaten Sleman Peopinsi DIY menjadikan cobaan sebagai langkah lebih kreatif untuk lebih kreatif, bahkan lebih maju di era Covid-19.

Pemilik Simultek, Fachrurozi Nurhidayat menuturkan pandemi yang terjadi lebih dari setahun terakhir ini, tentu berdampak pada bisnis yang dijalankannya.

Bahkan, di awal pandemi, tepatnya bulan Maret 2020, Simultek mengalami sepi order. Karena itu, perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 2010 ini harus mengatur siasat agar mampu bertahan. Padahal sebelum pandemi Simultek memproduksi komponen otomotif untuk after market dan di masa pandemi ini jugalah melakukan diversifikasi produk dengan melakukan inovasi dalam pembuatan produk alat kesehatan.

“Saat Simultek sepi order, kami diperkenalkan oleh YDBA dengan PT Sarandi Karya Nugraha. Dengan semangatnya, kami bertemu dengan Pemilik PT Sarandi, yaitu Bapak Isep. Dengan keunggulan kami dalam product development, Pak Isep pun mempercayakan kami membuat empat macam produk yang dibutuhkannya,” ucap Rozi.

Dia menjelaskan pandemi Covid-19 membawa berkah dalam usahanya karena PT Sarandi membutuhkan alat kesehatan yang jusru banyak dipesan selama masa pandemi. Salah satunya adalah casing lampu untuk operasi dengan berbagai ukuran namun kualitasnya harus di atas rata-rata.

“Kami mulai melakukan riset dan berhitung terhadap pesanan dari PT Sarandi. Sebenarnya bisa dilakukan bila menggunakan teknologi Injection Die Casting, namun biaya materialnya sangat mahal. Satu cetakan saja bisa menghabiskan dana Rp500 juta,” kata Rozi kepada wartawan belum lama ini.

Rozi menjelaskan setelah melakukan riset mendalam akhirnya menggunakan sistem teknologi Gravity Die Casting dan sebenarnya bisa dilakukan oleh IKM manufaktur biasa. Namun, Simultek mampu membuat cetakan setara dengan teknologi Gravity Die Casting dengan memakai besi berkualitas namun harganya murah.

BERITA REKOMENDASI