Kisah Tiara, Anak Buruh Bangunan Raih Mimpi Kuliah di UGM

TIARA YOSIANTI SOLEKHAH (17) warga Klitren Yogyakarta tak pernah menyanyka mimpinya berkuliah di kampus ternama bisa terwujud nyata. Ia berhasil menembus keterbatasan dan diterima masuk kuliah jurusan Statistik FMIPA UGM.

Tiara merupakan seorang putri buruh bangunan bernama Mujiono (50). Tiara bersemangat dalam keterbatasannya, belajar dengan tekun dan diterima di UGM tanpa tes bahkan dibebaskan biaya kuliah hingga selesai.

Ayah Tiara bekerja dengan upah Rp 550 ribu setiap bulan, karena pekerjaan berdasar proyek yang datang. Beban keluarganya bertambah manakala sang kakak mengalami gangguan kejiwaan sejak sepuluh tahun silam.

Kehidupan Tiara dan keluarga penuh keterbatasan, tinggal di rumah peninggalan kakeknya dengan harus berbagi bersama dua keluarga lainnya. Namun ternyata, seluruh keterbatasan berhasil ditembus oleh alumni SMAN 8 Yogyakarta itu.

“Sering merasakan berat ketika ayah tidak bekerja dan kakak sedang kambuh sakitnya. Sedih sekali dan berharap bisa melakukan sesuatu untuk keluarga. Satu mimpi bisa ditapaki setelah keterima di UGM,” ungkap Tiara.

BERITA REKOMENDASI