Mahasiswa UGM Ini Kehilangan Penglihatan Saat Kuliah, Sempat Terpuruk Namun Akhirnya Bangkit

GIRI TRISNO PUTRA SAMBADA (25) resmi menyandang gelar Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (23/2/2022). Ia diwisuda dengan Indeks Prestasi 3,43 atau sangat memuaskan dari prodi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM.

Perjalanan Giri tidak mudah hingga bisa lulus dan diwisuda di UGM. Ia harus merasakan fase terpuruk dalam kehidupannya karena kehilangan pengelihataan saat berada saat masa kuliah tahun 2015 silam.

Saat itu ia tengah menjalani semester kedua saat secara tiba-tiba penglihatannya hilang. Dunianya seolah runtuh, karena seketika cita-cita dan harapannya direnggut setelah tak bisa lagi melihat.

Giri pun menceritakan fungsi pengelihatannya menurun saat ia mengikuti perkuliahan di kelas, tanpa merasa sakit sebelumnya. Bahkan, secara tiba-tiba ia mulai tidak bisa melihat setelah sebelumnya semua terlihat samar dan semua wajah teman dan yang dilihatnya hanya berwarna putih.

Ia sempat menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito selama 4 bulan dengan diagnosa mengalami peradangan pada saraf mata. Hingga kinipun penyebabnya masih menjadi tanda tanya tim dokter.

“Waktu itu kan rawat inap pertama sekitar 10 hari lalu pulang ke rumah, itu masih masa masa ujian akhir semester (UAS). Saya nekat ngampus untuk UAS, tapi sampai kelas nangis karena tidak bisa membaca dan nulis akhirnya pulang dijemput bapak,” ungkapnya seusai wisuda.

BERITA REKOMENDASI