PKM UMY Latih Siswa SMP ‘Extensive Reading’ Melalui Program MembacaMU

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pendidikan Bahasa Arab/ Fakultas Pendidikan Bahasa, UMY menggelar PENINGKATAN MOTIVASI MEMBACA TEKS BERBAHASA INGGRIS MELALUI PROGRAM MembacaMU. Program diikuti siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Penanggungjawab kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Lanoke Intan Paradita mengatakan kegiatan diikuti sebanyak 97 anak, volunteer dari UMY sebanyak 15 mahasiswa dan pendamping sebanyak 6 guru.

“Program ini mengenalkan konsep membaca luas (Extensive Reading) dalam bahasa Inggris, mengenalkan sumber bacaan online kepada siswa-siswi SMP Muhammadiyah dan mendampingi (menjadi Reading Buddy) siswa-siswi SMP Muhammadiyah,” katanya.

Ditambahkan program ini Diketui Lanoke Intan Paradita dengan anggota: Mariska Intan Sari, Puthut Ardianto. Program membacaMU digelar pada tanggal 6 Maret 2021 yang dihadiri oleh siswa-siswi SMP Muh 1, 2, dan 3 Yogyakarta, orang tua wali, guru bahasa Inggris dari ketiga sekolah, volunteer.

“Setelah acara launching, para volunteer melakukan kegiatan pendampingan dimana masing-masing volunter mendampingi 5-6 siswa. Kegiatan pendampingan ini berlangsung selama 8 minggu, masing-masing volunteer mendampingi siswa siswi sebanyak 3 hingga 7 kali pendampingan dengan menggunakan platform video conference,” tambahnya.

Wildan Karisma selaku volunteer mengatakan pada kegiatan pertama antusiasme siswa sangat luar biasa hebat, mereka sangat tertarik sekali dalam melakukan extensive reading. Beberapa dari mereka pun mengungkapkan bahwa mereka hobby membaca dan ada beberapa novel yang mereka baca.

Program membacaMU ini merupakan piloting project untuk mengenalkan Extensive Reading kepada para siswa-siswa terutama untuk sekolah Muhammadiyah. Dengan adanya banyak paparan terhadap reading resources, siswa-siswi diharapkan memiliki akses sumber bacaan yang banyak, menarik, bahasanya sesuai dengan situasi mereka, dan sering melakukan kegiatan membaca.

 

BERITA REKOMENDASI