Prihatin Corona, Dua Siswa SMA di Magelang Inovasi Masker Gunakan Bengle, Dlingo dan Cengkeh

VANISA Laura Nurlita dan Slamet Setiyani, keduanya siswi kelas X SMAN 1 Candimulyo punya rasa keprihatinan sendiri dengan menyebarnya virus corona di dunia. Keduanya kemudian melakukan inovasi dengan membuat masker dengan tambahan remah Bengle, Dlingo dan Cengkeh.

Kepada KRJogja.com yang menemuinya di SMAN 1 Candimulyo Magelang, Slamet Setiyani dan Vanisa Laura Nurlita kepada KR mengatakan keberadaan virus corona menjadi keprihatinan tersendiri karena sudah menjadi masalah internasional.

Oleh Guru Pembimbing Bidang Biologinya, Drs Akhmad Taofik, keduanya diarahkan memanfaatkan masker. Inovasi masker tersebut di dalam salah satu lapisannya dibuat semacam kantong kecil untuk diisi irisan Dlingo, Bengle dan Cengkeh. Dalam waktu dekat inovasinya juga akan dibawa ke UGM untuk dilakukan uji laboratorium.

“Dari masker biasa kemudian ditambah dengan lembaran kain, yang bagian tengahnya diberi kantong kecil untuk meletakkan irisan dlingo, bengle dan cengkeh,” kata Vanisa didampingi Slamet Setiyani. Masker dan tambahan kain ini kemudian direkatkan pada lembaran kain lain, yang di bagian ujunganya diberi tali untuk pengikat di belakang kepala.

Keduanya menjelaskan, keberadaan dlingo, bengle dan cengkeh…

BERITA REKOMENDASI