Ulet Jual Gorengan dan Bubur, Rahayu Raih Gelar Dokter

Ayu mengisahkan, untuk kehidupan sehari-hari, ibunya jualan getuk. Kulakan getuk dari Magelang, dijual ke Temanggung. Penghasilan bisa dibilang pas-pasan. Kisah pilu masih belum berakhir. Bapaknya meninggal, kemudian mereka menjual rumah yang ditempati. “Saat itu sangat murah. Uangnya habis untuk beli mesin getuk dan sepeda motor dipakai kakak sebagai sarana jualan getuk dan kadang ngojek,” kenangnya.

Rumah dijual, Ayu bersama ibu dan kakaknya pindah ke rumah bedeng di Temanggung peninggalan ayahnya yang sebelumnya dikontrakkan. Memasuki SMP, Ayu ikut budenya sekolah di Magelang. Karena nilainya bagus, dia diterima sekolah favorit SMP 1 Magelang. Problem keluarga seolah tak menjadi kendala untuk meraih prestasi di sekolah. Nilai ujian SMP bisa dibilang surplus.
“Dulu saya niatnya masuk SMK 1 Temanggung. Melihat nilai saya, panitia penerimaan siswa baru sekolah tersebut malah menyarankan saya daftar ke SMA 1 Temanggung. Saya melanjutkan sekolah di sana,” paparnya.

Singkat cerita, saat kelas III SMA ada suatu hal mengharuskan keluarga Ayu pindah ke Purwokerto. “Saya tetap di Temanggung. Statusnya kost di rumah teman sekelas sekaligus teman ngaji. Keluarga tersebut iba, saya digratiskan tinggal dan makan di sana,” ucapnya.

SETAMAT dari SMA 1 Temanggung, Rahayu Puji Astuti mencari informasi beasiswa. Kebetulan nilainya bagus, sehingga dia punya kesempatan mencari beasiswa. “Saya mengurus beasiswa Supersemar ke Semarang. Ketika itu saya dapat beasiswa untuk transportasi mengikuti UMPTN,” katanya.

Dalam menentukan pilihan ke Fakultas Kedokteran Gigi UGM, diakuinya itu ilham spontan. “Ketika aka mendatar UMPTN, tiba-tiba gigi saya terasa senut-senut. Spontan saja saya pilih FKG UGM dan Unsoed,” ujarnya.

Akhirnya diterima di FKG UGM. Saat itu ada saudara sepupu yang sukses jualan daging sapi di Magelang, berniat membantu biaya kuliah. Mereka merasa berhutang budi karena sejak kecil sampai berumah tangga, dibantu ayah Ayu. Maka setelah pengumuman sambil menunggu oriantasi mahasiswa baru, Ayu pulang ke rumah saudara sepupunya itu.

BERITA REKOMENDASI