Jadi Babinkamtibmas Teladan, Bripka Winarko Diganjar Penghargaan

user
danar 22 Mei 2022, 13:10 WIB
untitled

ENAM tahun sudah Bripka Winarko SH mendapat amanah sebagai Babinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul. Pengabdian tulus dan ikhlas dalam mendampingi masyarakat bisa dilihat dari serangkaian program inovatif yang sudah digulirkan.

Sehingga tidak berlebihan jika suami Elin Kusumawati, S Kep digajar penghargaan oleh Polres Bantul Polda DIY sebagai Babinkamtibmas 'Aktif, Kreatif dan Inovatif Dalam Melaksanakan Tugas'.

Meski begitu, pencapaian itu tidak lantas membuat lelaki bersahaja tersebut berpuas diri. Sebagai anggota Babinkamtibmas, Bripka Winarko masih bermimpi bisa melakukan banyak hal agar hidup dan aktivitasnya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Pesan dari Pak Kapolres Bantul Polda DIY, (AKBP Ihsan SIK-red), seorang Bhabinkamtibmas di harapkan mempunyai terobosan atau inovasi di wilayah binaannya tempat tugas masing," ujar lekaki berputra dua tersebut.

Menurut Winarko, pesan dari pimpinannya tersebut tentu menjadi sebuah spirit agar tidak pernah lelah dalam mengasah kepekaan serta terobosan agar kehadiran Babinkamtibmas semakin dirasakan masyarakat. Sehingga kedekatan masyarakat dan anggota Polri semakin terjalin dengan baik.

"Penghargaan yang saya terima atas pencapaian nilai aplikasi E Binmas Bulan April 2022 tinggi, aktif dalam pelaksanaan tugas di wilayah binaan," ujar Warga Muneng RT 01 Kalurahan Tirtohargo Kretek Bantul itu.

Selain bertugas sebagai Babinkamtibmas, bertepatan Bulan Ramadan lalu Winarko menyisihkan waktunya untuk mengajar baca Al Quran di TPA di Masjid Al Husna Gunung Kunci Tirtohargo. Tidak hanya itu, momentum pembukaan sementara Jembatan Kretek 2, tangal 29 April - 6 Mei 2022. Winarko yang juga sebagai petani bawang merah melakukan pengawalan.

"Karena sangat padat dan masyarakat antusias sekali pada saat pembukaan mulai jam 07.00 WIB, saya kawal pengunjung dengan motor dinas, " ujarnya.

Tidak hanya itu, Winarko juga mengabadikan momentum bersejarah pembukaan jembatan perdana dengan membuat video. "Video tersebut viral dan hampir 2000 an lebih yang suka ketika diunggah di IG Polres Bantul," jelasnya.

Dalam keseharian, Bripka Winarko juga menggeluti komoditas pertanian bawang merah. Bahkan Winarko tanpa canggung turun ke sawah untuk mengolah lahan pertaniannya. Spiritnya dalam menekuni bidang pertanian tidak pernah surut meski sudah beseragam Polri.

Karena Bripka Winarko masa kecilnya tumbuh dan berkembang dilingkungan masyarakat dengan mata pencaharian disektor pertanian. Oleh karena itu tidaklah kesulitan baginya ketika diminta menjelaskan proses produksi bawang merah. Mulai dari awal garap lahan, perawatan, pembiayaaan hingga panen.(Roy)

Credits

Bagikan