Dian Ari Ani Raih Top 100 Most Outstanding Women in Financial Sector and SOE 2022

user
danar 21 Mei 2022, 04:10 WIB
untitled

SEORANG perempuan dituntut tak hanya cantik dan pintar. Namun juga memiliki integritas dalam berkiprah di dunia kerja.

Hal itu dijadikan moto hidup Dian Ari Ani, Direktur Kepatuhan Kantor Pusat PT Bank BPD DIY. Perempuan kelahiran Salatiga, 24 Juni 1971 ini membagikan moto hidupnya ke publik dalam acara malam penganugerahan Infobank Top 100 Most Outstanding Women in Financial Sector and SOE 2022 di Hotel Alila Solo Jumat, 20 Mei 2022. Ibu dua anak ini mendapat apresiasi kartini-kartini di sektor jasa keuangan Tanah Air. Bagi Dian Ariani yang telah malang melintang mengelola jasa keuangan selama kurun waktu 27 tahun, perbedaan gender bukan lagi penentu seseorang dipandang oleh publik. Namun bagaimana kualitas personalnya menarik rasa percaya dan diandalkan.

"Saya sangat bersyukur mendapat anugerah ini (Top 100 Most Outstanding Women). Orang lain yang menilai. Bukan saya sendiri. Tentunya dengan kriteria tertentu. Mendapatkannya, saya lebih termotivasi," lanjut pemilik hobi baca tulis dan mendengarkan musik jazz ini.

Sebagai seorang ibu rumah tangga sekaligus wanita karir, ia merasa berkewajiban menyiapkan generasi penerus, baik di keluarga maupun perusahaannya. Akhlak dan kuat mental merupakan poin penting. Sebagai seorang wanita, ia mendorong kaumnya mendapat kemudahan akses finansial, pendidikan kewirausahaan, IT dan akses kesehatan. Ia meyakini kaum wanita lebih luwes dalam berwirausaha untuk mendukung ekonomi keluarga.

"Di era digital sekarang, perbankan harus berinovasi dengan produk dan layanan untuk memudahkan transaksi. Ini tantangan yang harus dijawab. Enggak ada perbedaan gender. Kaum perempuan juga harus bisa. Bagi perempuan, kuncinya menyeimbangkan peran di rumah maupun di kantor. Mengatur pola hidup agar tetap semangat," katanya.

Sementara itu pada rangkaian acara awarding Top 100 Most Outstanding Women diadakan pula talkshow bertajuk 'Diversity in Unity: Rahasia Dapur Wanita Indonesia' dengan sejumlah narasumber yang merupakan figur-figur penting di industri jasa keuangan Tanah Air.

Ketua Dewan Redaksi Infobank, Eko B. Supriyanto mengatakan sektor jasa keuangan memiliki pengaruh yang besar bagi perbaikan dan perkembangan industri jasa keuangan nasional. Para wanita peraih Top 100 Most Outstanding Women 2022 adalah pemimpin-pemimpin perusahaan dari berbagai lembaga jasa keuangan, antara lain perbankan (bank umum dan BPR), asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan sekuritas, baik dari swasta maupun BUMN.

"Dua kriteria utama dalam menentukan ke-100 figur wanita itu, yakni basis kinerja perusahaan dan pertimbangan Dewan Redaksi Infobank," katanya.

Pada kriteria basis kinerja, yang pertama dinilai adalah ukuran perusahaan. Misalnya, untuk bank, dilihat besaran aset. Tokoh wanita yang masuk dalam Top 100 Most Outstanding Women 2022 diperingkat berdasarkan aset perusahaan, lalu diambil dari yang terbesar. Kemudian, dilihat lagi jabatan dari masing-masing tokoh, dengan prioritas direktur utama atau komisaris utama.

Dari sisi Dewan Redaksi Infobank, ada pertimbangan pencapaian atau prestasi tertentu dari tokoh wanita terpilih, seperti keberhasilan menciptakan values pada perusahaan, keberhasilan melakukan transformasi, dan berhasil melakukan atau menjadi bagian dari turn around pada perusahaan.

Kriteria lainnya adalah pengalaman, ketokohan, atau kontribusi dari tokoh wanita tersebut terhadap industrinya. (Lim)

Credits

Bagikan