Bermula dari Kamar Kos, Budidaya Lobster Air Tawar Buka Peluang Merdeka Ekonomi

user
Ary B Prass 13 Maret 2022, 14:27 WIB
untitled

GEMA PAKU BUMI menginisiasi Gemma Farm, budidaya lobster air tawar di Kajoran, Klaten Selatan. Siapa sangka, bisnis menguntungkan yang kini mengarah membuka peluang ekonomi masyarakat ini dimulai dari kamar kost.

Gema memulai penelitian pakan lobster air tawar sejak kuliah tahun 2010 lalu di UNS, Surakarta. Ia memulai pengembangbiakan hanya berbekal box plastik bahkan ember di kamar kostnya kala itu.

Gema memang mengaku tak langsung memulai membudidaya lobster air tawar. Namun, ia sebelumnya beternak lele, patin bahkan hingga ayam untuk melihat potensi menarik di Indonesia.

Tahun berganti, Gema melihat peluang bisnis lobster air tawar, yang memiliki nilai gizi tinggi dan jauh lebih mudah dikembangbiakkan daripada lobster air laut. Ia lantas mencoba beberapa lokasi untuk dijadikan kolam pembiakan yakni di Bantul dan Klaten.

“Saya menyadari bahwa ternyata potensi pasarnya besar sekali. Permintaan dari retail di Yogya dan Jawa Timur mencapai puluhan ton dan kami belum bisa memenuhi. Harganya juga masih tinggi sampai saat ini,” ungkapnya pada KRjogja.com, Minggu (13/3/2022).

Dari kondisi inilah Gemma Farm lantas berupaya membangun kesadaran masyarakat untuk mencoba menjadi pembudidaya lobster air tawar. Bersama tim, Gema memberikan pelatihan, baik secara cuma-cuma maupun berbayar untuk menggerakkan masyarakat menjadi pembudidaya lobster air tawar.

“Sampai saat ini sudah ada 3.100 mitra yang kami berikan pelatihan. Budidaya lobster air tawar ini masih sangat menguntungkan, 1 kilogram masih berada pada harga Rp 160 ribu, jadi masih sangat lumayan,” sambung dia.

Di Gemma Farm yang juga berkonsentrasi pada riset, Gema dan tim juga membangun ekosistem untuk pengembangbiakan lobster air tawar. Mereka memproduksi pakan, lobster soka, pupuk, booster, polyculture bahkan hingga produk-produk olahan.

Gema juga melihat bahwa lobster air tawar memiliki potensi luar biasa di Indonesia karena bisa terus berproduksi sepanjang tahun. Berbeda dengan di negara asalnya, Australia, lobster air tawar terkendala musim dengan adanya empat musim dalam satu tahun.

Gemma Farm saat ini memiliki misi untuk mengenalkan lebih dekat lobster air tawar pada masyarakat. Berbagai upaya dilakukan mulai bekerjasama dengan ritel, pasar tradisional, hotel, restoran hingga melakukan edukasi pada anak-anak di lokasi Gemma Farm.

“Ini yang kami ingin agar masyarakat bisa membudidayakan agar kita bisa menikmati manfaatnya. Konsumen dari segala lapisan bisa mengkonsumsi dan mendapat nilai gizi sementara pembudidaya bisa mendapat manfaat secara ekonomi,” pungkasnya. (Fxh)

Credits

Bagikan