Ami Langganan Juara Baca Puisi dan Geguritan

user
danar 27 Februari 2022, 16:30 WIB
untitled

NAMA lengkapnya Ami Marita Gantari (15), saat ini duduk di kelas 9 SMPN 1 Wates Kulonprogo. Gadis ini ternyata langganan menjadi juara baca puisi dan geguritan, dua genre sastra yang sama, hanya beda di bahasa. Prestasi tahun 2021 menjadi juara di tiga lomba baca puisi tingkat nasional, dan dua tingkat Kabupaten Kulonprogo.

Kini Ami aktif baca puisi dan geguritan baik secara langsung di panggung maupun mengunggah video di kanal Youtube, bersama teman-temannya komunitas Remaja Geblek Bersastra (Regas). Videonya yang terbaru di kanal Youtube adalah membaca geguritan berjudul 'Putri Pakualaman' tulisan Warisman mengambil dari antologi geguritan Kidung Karangkitri terbitan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY. Pengambilan gambar di Taman Budaya Kulonprogo, pengarah pembacaan Tri Wahyuni, editing dan kamera Ahmad Hibban, Kiuhuana Ilyasa dan Nanang Riyadi.

Wawancara online dengan Ami berlangsung, Minggu (27/2/2022). Ami menuturkan, awal prestasinya tahun 2017 masih SD, berhasil menjadi Juara 2 Baca Puisi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Kulonprogo.

"Ini yang membangkitkan semangat untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi," begitu ungkap Ami. Berbekal menyukai untaian kalimat puitis bait-bait puisi, giat berlatih dan pentas, maka tahun 2021 dirinya berhasil menjadi juara di tingkat nasional.

Kejuaraan tingkat nasional di tahun 2021 itu diantaranya : Juara 1 Baca Puisi Gesit Kuningan penyelenggaranya SMAIT Umar Sjarifudin Kuningan Jawa Barat. Karena musim pandemi lomba secara online dengan mengunggah video di instagram. Kemudian Juara 3 Baca Puisi Creativ on your own (Crown) penyelenggaranya SMA Daarut Tauhid Bandung. Juga secara online dengan mengunggah video di kanal youtube. Kemudian Juara 2 Deklamasi Puisi Syafana Festival penyelenggaranya Syafana Islamic School Jakarta. Ini juga online, langsung menggunakan zoom meeting.

Sedang untuk lomba tingkat DIY dan Kabupaten Kulonprogo, berlangsung secara offline. Di antaranya Juara 1 Lomba Baca Puisi Locasiku Dua Satu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulonprogo. Juara 1 Lomba Geguritan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulonprogo, semuanya di tahun 2021.

Sedang di tahun 2017 Peringkat 5 Baca Puisi FLS2N DIY, dan Juara 1 untuk FLS2N Kabupaten Kulonprogo. Ketika itu masih menjadi siswa SDIT Ibnu Abbas III Kalibawang Kulonprogo.

Ada pun pengalaman tampil di panggung antara lain: Apresiasi Sastra Kapanewon Lendah Kulonprogo. Bedah Buku Kominfo Kabupaten Kulonprogo. Pentas dalam Talk Show ketahanan pangan Komisi II DPRD Kulonprogo. Pentas Apresiasi Remaja Geblek Bersastra. Pentas Jambore Yayasan Islam Cahaya Hati tingkat DIY di Bumi Perkemahan Lembah Merapi. Juga pentas puitisasi di sekolah.(War)

Credits

Bagikan