Omzet Puluhan Juta, Warga Boyolali Sukses Budidaya Maggot

user
Ary B Prass 15 Februari 2022, 19:47 WIB
untitled

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Seorang pemuda Warga Desa Trayu, Kecamatan Banyudono, Kabupaaten Boyolali, Jawa Tengah, sukses membudidayakan maggot atau belatung dengan omzet mencapai puluhan juta per bulan. Maggot yang merupakan larva dari lalat atau black soldier fly (Hermetia Illucens, Stratimydae, Diptera) yang biasa untuk pakan burung, ikan dan ayam.

Rudiyanto salahsatu pembudidaya maggot, mengaku sudah satu setengah tahun menekuni usaha maggot karena hasilnya cuku tinggi. Maggot menjadi pakan alternatif yang memiliki kandungan protein tinggi untuk dijadikan pakan ternak.

“Saya sebenarnya hanya iseng dan ide saya untuk budidaya maggot ini dari Youtube,” katanya kepada wartawan, Selasa (15/2/2022).

Lebih lanjut, Rudi mengatakan budidaya maggot cukup mudah karena semuanya hanya dari limbah rumah tangga. Sedangkan pasar maggot juga masih cukup terbuka. Budidaya ini bisa untuk mendukung pemberdayaan masyarakat.

“Setahu saya di daerah Banyudono ada tiga yang menjalankan budidaya magot seperti ini,” ucapnya.

Dalam seminggu Rudi  bisa memanen 5 hingga 7 kwintal, sedangkan pangsa pasarnya ke daerah Yogjakarta dan Klaten.

“Untuk harga kalau untuk partai besar dijual 7 ribu perkilo, kalau ngecer 10 ribu perkilo,” ujarnya.

Rudi juga mengaku bahwa saat ini dirinya kuwalahan dalam melayani permintaan pasar, di samping itu juga terkendala untuk mencari limbah rumah tangga.

“Kadang saya belikan ke tempat teman atau pembudidaya maggot lainnya untuk memenuhi permintaan,” tandasnya. (R-3)

Credits

Bagikan