Pameran Keris Nasional di Galeri Katamsi ISI Yogyakarta, Ada Lomba Lukis Anak

user
jono 03 Februari 2022, 18:57 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Perkumpulan Lar Gangsir bersama Galeri RJ Katamsi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar pameran keris nasional mulai Jumat (4/2/2022) hingga 11 Februari 2022.  Pameran keris bertajuk Rupa Rinengga di gelar di Galeri RJ Katamsi setiap hari mulai puku 10.00-20.00 WIB. Juga sekaligus diadakan lomba foto lewat Instagram dan lomba lukis untuk anak.

Ketua Lar Gangsir Hedi Haryanto mengatakan sebanyak 225 keris dari berbagai daerah di Indonesia dipamerkan selama pameran tersebut. Baik keris dari Yogyakarta, Solo, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura, Jawa Barat, Sumatera, Bali, NTB, Bugis dll.

Tosan aji yang yang dipamerkan tidak hanya keris saja namun juga ada tombak, pedang, badik dan berbagai senjata tradisional nusantara. Keris saat ini eksistnsinya sudah diakui oleh Unesco sehingga perlu terus dilestarikan.  "Sedangkan selain dari anggota perkumpulan Lar Gangsir juga dari para pengemar dan kolekttor tosan aji dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Selain anggota perkumpulan Lar Gangsir menurut Hedo, pesera pameran ada ang berasal dari Solo, Malang, Jombang, Mojokerto, Tiba, Jakarta, Bali, Jawa Barat dan sebagainya.

Sementara itu Ketua pameran Keris Rupa Rinengga, Timbul Waluyo menambahkan selain pameran juga akan digelar berbagai kegiatan seperti Pasar Sasen #13 yang merupakan buras rutin yang digelar Lar Gangsir setiap bulannya.  "Pasar Sasen #13 ini akan beangsung bersaaman ameran mulai hari Jumat 4 Februari hingga 6 Februari 2022," katanya.

Dalam pasar sasen kali ini lanjut Timbul cukup istmewa karena diikuti 40 pembursa tosan aji yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia.

Selama pameran dan bursa juga akan digelar berbagain kegiatan seperti worksjop seni tempa keris pada hari Sabtu 5 Februari 2022.

"Workshop seni tempa akan dilakukan oleh mahasiswa ISI Solo sehingga masyarakat bisa melihat dari dekat proses pembuatan keris dan tosan aji lainnya," kata Timbul.

Selanjutnya workshop Seni Sungging warangka oleh Subandi dari Bantul serta demo pembuatan warangka atau meranggi oleh para pengrajin di Bantul.  "Tak kalah menariknya ada lomba foto Instagram selama pameran dan lomba lukis untuk anak-anak, serta seminar atau sarasehan dengan pembicara Prof Dr Timbul Haryono MSc guru besar arkeologi FIB UGM" tambah Hedi Haryanto.

Untuk acara pembukaan akan dilaksanakan pada hari Jumat (4/2/2021) 2022 pukul 15.30 WIB. Rencananya akan dihadiri oleh GBPH Yudhaningrat sebagai pembina Lar Gangsir, Kepala Dinas Kebudaayaan dan Rektor ISI Yogyakarta.

Selama pameran belangsung juga tetap akan melaksanaan sesuai standar aturan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. (Jon)

Credits

Bagikan