Hervia Luncurkan Buku, Wujudkan Rangkaian Bunga Gaya Indonesia yang Mendunia

user
Ary B Prass 30 November 2021, 14:17 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Perangkai bunga senior Indonesia, Hervia Latuconsina Budi bersama seniman bunga Yogyakarta yang tergabung dalam Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) DIY mempersembahkan buka karya mereka berjudul 'Bunga Terakhir'. Peluncuran buku dilakukan di kediamannya 'Rumah Lavia', Pakem Sleman, Minggu (28/11/2021) dibarengkan dengan Pelantikan Pengurus Persatuan Wanita Maluku Indonesia (Perwama Ina)

DPD DIY.

Hervia mengatakan, judul 'Bunga Terakhir' dipilih untuk mengekspresikan kecintaan pada bunga dan organisasi (IPBI) DIY, sekaligus mengandung pesan dan harapan besar terwujudnya rangkaian bunga gaya Indonesia yang mendunia. Karya bersama (buku) oleh seniman-seniman bunga Yogya di bawah ayoman Hervia, diwujudkan setelah secara bersama mengakhiri tugas pengabdiannya dalam wadah organisasi IPBI DIY.

Menurut Hervia, di dunia saat ini telah dikenal banyak rangkaian bunga seperti gaya Eropa, Ikebana Ikenobo sebagai gaya Jepang dan muncul juga rangkaian bunga gaya Korea. Sementara di Indonesia punya banyak sekali ragam bunga yang tak kalah indah. "Tantangan dan harapan seniman Yogya adalah kebulatan tekad bersama bahwa harus ada ciri khas rangkaian bunga gaya Indonesia yang mendunia. Semoga harapan ini menjadi kenyataan," harapnya.

Karya-karya rangkaian bunga yang didokumentasikan dalam buku 'Bunga Terakhir' antara lain 'Putri Bunga', yang menggunakan konstruksi batang Petrea kemudian salah satu bagian diberi rangkaian dengan diminasi warna hijau dan putih. Kemudian ada karya 'The Power of Hoya', rangkaian bunga dengan material utama hoya yang dipadupadankan dengan brongsong melati dan janur yang dibuat membentuk kipas.

Hervia Latuconsina Budi yang lahir di Ambon tahun 1955 telah malang melintang di dunia bunga sejak 3 dasawarsa yang lalu. Hervia pernah menjadi Tim YBN di ajang parade bunga terbesar di dunia, Tournament of Roses di Pasadena USA. Memenangkan salah satu kejuaraan merangkai bunga di Floriade Belanda 1992 dan Juara Nasional merangkai bunga YBN Florikultural 1993 di Jakarta. (Dev)

Credits

Bagikan