Daryono ‘Pensiun’ Melukis Wajah di Malioboro

user
danar 05 November 2020, 03:10 WIB
untitled

DARYONO pernah banyak mengais rezeki di kawasan Jalan Malioboro Yogya dengan menggeluti lukis wajah sejak 1990 silam. Namun, sejak sekitar dua tahun lalu sudah ‘pensiun’ dari Malioboro dan lebih banyak di rumah. Selain membantu istrinya mengurusi warung makan, bapak dari lima anak ini juga menerjuni hobi seperti memelihara burung puter, lovebird dan ikan koi.

“Jadi jauh hari sebelum ada pandemi Corona, saya sudah banyak di rumah. Kalau masih ada yang memesan lukis wajah tetap saya layani di rumah, tapi sejak ada pandemi Corona sangat minim pesanan lukis wajah. Warga lebih mementingkan kebutuhan yang penting-penting dahulu,” ungkap Daryono saat di temui di rumahnya kawasan Jalan Ringroad Barat, Sleman, Rabu (4/11/2020).

Ketika mendengar kawasan Malioboro akan bebas dari kendaraan bermotor, ia sangat berharap segenap lapisan masyarakat yang biasa mengais rezeki di kawasan tersebut bisa tetap mendapat penghasilan yang layak. Apalagi sejak ada wabah Corona, tidak sedikit dari mereka yang terkena imbasnya seperti penghasilan sehari-hari banyak mengalami penurunan. Bahkan ada yang sampai lama libur tak membuka usaha, atau bahkan dirumahkan dahulu jika ikut bekerja di tempat orang lain.

Ia sendiri sudah merasakan banyak pengalaman saat masih aktif di Malioboro. Terutama saat musim liburan bisa dapat meraih rezeki lebih banyak dengan melukis wajah. Pasalnya, tak sedikit pengunjung juga ingin mempunyai kenangan saat di Malioboro, misalnya dengan dilukis wajahnya di kawasan yang sudah mendunia tersebut. Bahkan, ia juga biasa kelarisan ketika menjual lukisan wajah orang terkenal, misalnya dari kalangan artis, pemain sepakbola, petinju maupun politisi.

“Waktu masih muda dulu, ketika melukis satu wajah seseorang biasa membutuhkan waktu cukup sekitar 15 menit. Kalau sekarang ini sudah umur di atas 60 tahun, melukis satu wajah seseorang bisa sampai sekitar 30 menit. Kekuatan boyok sudah sangat mempengaruhi,” ujar Daryono.

Ditambahkan, ia memutuskan ‘pensiun’ dari Malioboro dipengaruhi juga soal umur. Apalagi kalau berangkat atau pulangnya terkena hujan, akan memicu gampang masuk angin. Selain itu anak-anaknya juga sudah selesai sekolah. Ketika banyak di rumah, antara lain menerjuni hobi yang disenangi diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Tak kalah penting, ia juga berusaha untuk rutin berolahraga misalnya cukup jalan kaki, istirahat yang cukup serta mengkonsumsi asupan-asupan menyehatkan. (Yan)

Kredit

Bagikan