Aji Wibowo, Rasa Ingin Tahu Bawa Dirinya Sukses Jadi Programer

user
agung 22 Juli 2020, 04:15 WIB
untitled

SAAT masih menempuh kuliah di Prodi Sistem Informasi D3 Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Tegal, Aji Wibowo punya prinsip untuk selalu ingin tahu. Hal itu menurutnya sangat diperlukan karena jurusan yang dipilihnya semasa kuliahnya menuntut untuk mengetahui informasi-informasi terutama bidang teknologi.

Aji yang lulus dari UBSI Kota Tegal pada 2018 silam ini, kini menjadi salah satu progamer yang fokus pada Java Developer di salah satu perusahaan besar dan terkenal di Indonesia.

“Dengan rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi, saya dan teman-teman sering update pengetahuan di dunia maya terkait teknologi-teknologi terbaru” tutur Aji. Materi dan pengalaman selama kuliah di sekolah vokasi UBSI mengantarkannya untuk sukses di usia muda.

Pria asal Tegal-Pemalang ini tidak butuh waktu lama dalam meraih kesuksesan dalam karir. Aji panggilan akrabnya sejak masih menjadi mahasiswa sudah memperlihatkan kelebihan-kelebihan dan minat yang besar dalam hal programming.

Pemuda yang satu ini sangat menyukai matakuliah praktikum terutama programming. "Salah satu alasan memilih kuliah vokasi di UBSI karena prosentase matakuliah praktikum dalam pendidikan vokasi jauh lebih besar dari pada matakuliah teori," katanya.

Dari tugas-tugas matakuliah yang diberikan, ia merasa tertantang untuk menggali lebih dalam. Aji selalu merasa kurang cukup hanya belajar dari kampus, karena ia mengetahui bahwa teknologi berkembang dengan sangat cepat.

“Skill Programming tidak cukup hanya dari kampus saja karena kemampuan programming akan sangat terasah ketika kita sudah terjun langsung di lapangan, bertemu dengan para programmer lain, saling tukar pikiran, dan bersama mengerjakan project-project freelance,” pungkasnya.

Pascalulus kuliah vokasi Prodi Sistem Informasi (D3) dari UBSI tahun 2018, Aji mengawali karirnya di Jakarta bersama dengan salah satu teman seperjuangan sesama alumni UBSI yang magang sebagai Web Programmer di PT. Kirana Pacifik Luas dengan job desk Maintenance Sistem dan membuat program-program baru sesuai kebutuhan perusahaan.

Karena sifat kompetitifnya yang besar, tidak butuh waktu lama untuk Aji melangkah lebih jauh dan bergabung sebagai seorang Java Developer di PT. Astra Digital Arta yang juga dikenal sebagai Astrapay yang merupakan bagian dari Astra International. Pekerjaan Aji sehari-hari fokus pada pembuatan Web Services (Backend) di web dan aplikasi Astrapay yang mendukung tren transaksi digital.

“Di masa serba digital saat ini, penting sekali memilih jalur pendidikan yang sesuai minat. Pendidikan kejuruan dan vokasi menurut saya sangat cocok bagi para pemuda yang ingin menjadi seorang praktisi,” ungkapnya.

Lanjutnya, tentu saja sebagai praktisi IT sangat merekomendasikan pendidikan kejuruan dan vokasi Prodi SI atau TI. Selain itu, sebagai generasi muda jangan sampai gaptek, harus selalu merasa tertantang dengan teknologi. Jangan hanya kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang), cari pengalaman dan ilmu di luar sana. (*)

Credits

Bagikan