Daryono ‘Pensiun’ Melukis Wajah di Malioboro

Ia sendiri sudah merasakan banyak pengalaman saat masih aktif di Malioboro. Terutama saat musim liburan bisa dapat meraih rezeki lebih banyak dengan melukis wajah. Pasalnya, tak sedikit pengunjung juga ingin mempunyai kenangan saat di Malioboro, misalnya dengan dilukis wajahnya di kawasan yang sudah mendunia tersebut. Bahkan, ia juga biasa kelarisan ketika menjual lukisan wajah orang terkenal, misalnya dari kalangan artis, pemain sepakbola, petinju maupun politisi.

“Waktu masih muda dulu, ketika melukis satu wajah seseorang biasa membutuhkan waktu cukup sekitar 15 menit. Kalau sekarang ini sudah umur di atas 60 tahun, melukis satu wajah seseorang bisa sampai sekitar 30 menit. Kekuatan boyok sudah sangat mempengaruhi,” ujar Daryono.

Ditambahkan, ia memutuskan ‘pensiun’ dari Malioboro dipengaruhi juga soal umur. Apalagi kalau berangkat atau pulangnya terkena hujan, akan memicu gampang masuk angin. Selain itu anak-anaknya juga sudah selesai sekolah. Ketika banyak di rumah, antara lain menerjuni hobi yang disenangi diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Tak kalah penting, ia juga berusaha untuk rutin berolahraga misalnya cukup jalan kaki, istirahat yang cukup serta mengkonsumsi asupan-asupan menyehatkan. (Yan)

BERITA REKOMENDASI