Melalui Tangan Soegiarin Berita Kemerdekaan RI Mendunia

Editor: Ary B Prass

SOEGIARIN adalah sosok yang punya jasa terhadap penyiaran berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Pria kelahiran Grobogan, 13 Juli 1918 ini kala itu sebagai jurnalis yang bekerja untuk Kantor Berita Domei yang dikuasai Jepang di Jakarta. Keahliannya menyiarkan berita morse dilatar belakangi dari Sekolah Pelayaran yang dienyamnya di Surabaya.
Kala itu, sebelum teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno, Soegiarin mendapat perintah dari Adam Malik, pimpinannya di Domei. Bahwa dirinya diminta memberitakan dengan menyiarkan melalui berita morse. Pekerjaan ini tentunya tidak mudah, karena Kantor Domei dijaga dan diawasi Jepang. Akhirnya berjam-jam sebelum dibacakan oleh Soekarno, Soegiarin menyusup di ruang mesin untuk menghidupkan mesin sejak pagi-pagi buta.
Beruntung penyusupan Soegiarin tak diketahui orang-orang Jepang yang bertugas mengawasi aktifitas Domei. Sekitar setengah jam usai pembacaan naskah proklamasi, Soegiarin yang tengah bersiap di Kantor Domei di kawasan Pasar Baru Jakarta langsung menerima salinan naskah. Seketika itu dia siarkan melalui berita morse dan diterima di seluruh kantor berita negara-negara di dunia.
Berita Indonesia Merdeka dari penjajahan telah menyebar ke seluruh dunia. PBB pun menerima kabar ini dan menguatkan pengakuan kemerdekaan Indonesia. Melalui tangan Soegiarin dunia mengakui kemerdekaan Indonesia.

BERITA REKOMENDASI