Saling Kira Sudah Meninggal, Dua Veteran Kemerdekaan CPM Bertemu

SUASANA haru menyelimuti dua Veteran Pejuang Kemerdekaa RI (PKRI), Kapten CPM Purn Sanjoto dan Letda CPM R Soemardi saat mereka dipertemukan secara diam-diam oleh Dandenpom IV/5 Semarang, Letkol CPM Okto Femula SH MSi MHan tepat di Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-76, Selasa (17/8/2021) di TMP Giri Tunggal Semarang.

Okto Femula memang sengaja memberi kejutan bagi kedua veteran yang merupakan cikal bakal Polisi Militer di era pembentukan Corps Polisi Militer. “Keduanya direkrut menjadi Badan Keamanan Rakyat (BKR) semasa perang kemerdekaan sebelum TNI lahir. Dari BKR mereka ditempatkan sebagai Polisi Tentara yang kemudian berganti menjadi Polisi Militer. Mungkin yang masih hidup se-Indonesia tidak lebih dari sepuluh orang, karena rata-rata usianya di atas 90 tahun. Pak Sanjoto sudah 91 tahun usianya, sedangkan Pak R Soemardi kini sudah 95 tahun,” ungkap Letkol CPM Okto Femula.

Kedua Veteran PKRI ini dijemput dalam waktu bersamaan dengan mobil yang berbeda dan dikawal motor besar. Kemudian mereka bertemu di TMP Giri Tunggal untuk menziarahi makam kawan-kawan seperjuangan yang sudah ‘mendahului’ menghadap Sang Khaliq. Mereka yang diziarahi antara lain para mantan komandannya, Kol CPM Moelyono dan Kol CPM Winarno, serta teman satu angkatan Letkol CPM Untung Soewardi. Makam lain yang diziarahi dr Karyadi dan Mgr Soegijapranata.

BERITA REKOMENDASI