Tidak Patah Semangat dan Kreatif, Tips Bagi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

DI MASA PANDEMI ini para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) tak hanya harus lebih meningkatkan kekuatan mentalnya tapi juga harus lebih kreatif. Selain itu, mereka perlu membekali diri dengan ilmu pemasaran, sehingga lebih tepat sasaran strategi yang akan diambil.

Hal itu dikemukakan oleh Sharavasti Putri Santika, pemilik Madmoisah yang merupakan merek skin care dan kosmetika, dalam bincang-bincang di Jakarta, Jumat (6/9/2021). Ia sendiri merintis usahanya dari bawah, dan setelah berkembang pesat banyak memberikan ide-ide bagi para UMKM.

“Situasi saat ini sangat berat, tak hanya bagi para pelaku UMKM. Tapi saya percaya mereka tangguh, tak patah semangat. Namun bukan itu saja bekal yang harus selalu diandalkan. Butuh ilmu pemasarsan dan kreativitas untuk menggali ide-ide baru,” kata Shara, panggilan akrab wanita asal Malang, Jawa Timur itu.

Melalui Madmoisha, Shara memberikan perhatiannya kepada para pelaku UMKM dengan memberikan bantuan permodalan dan produk. Seperti dalam postingan di akun Instagramnya (https://www.instagram.com/sharavasti/), bantuan yang jumlahnya terbatas ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Tim dari Madmoisha akan melakukan melakukan pendataan dan menghungi mereka yang mengajukan.

“Sasaran bantuan ini untuk para pelaku UMKM. Siapa yang nantinya menerima, akan diumumkan lewat story. Sifatnya tanpa bunga dan ada jangka waktu atau deadline, tapi intinya tidak memberatkan. Sasaran utama UMKM,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI