Tidak Patah Semangat dan Kreatif, Tips Bagi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Menurut Shara, para pelaku UMKM memiliki ketahanan diri yang terbukti mampu survive dibandingkan dengan industri besar, seperti terjadi pada tahun 1998. Mereka mampu melihat peluang dan mengubah bisnisnya sesuai dengan kebutuhan pasar.

Hal lain, lanjutnya, karakteristik UMKM yang fleksibel merupakan keunggulan lain. Melalui peluang yang didapat, mereka bisa memindahkan bisnisnya dari A ke B, dari C ke D dan seterusnya.

Kreativitas itu perlu, agar ide-ide baru dan inovasi yang didapat menjadi solusi yang tepat dengan kebutuha masyarakat (konsumen) saat ini. Tak perlu malu untuk berbincang dengan para pengusaha atau pelaku UMKM lainnya.

Saat ini, kreativitas merupakan salah kunci keberhasilan berbisnis. Konsumen akan terpikat dengan produk dan bisnis yang tidak biasa. Seperti dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, dulu tak terpikirkan adanya peluang menarik membuat masker, hand sanitizer, alat pelindung diri (APD) dan lainnya. Saat ini masker dengan berbagai tipe, desain dan warna bisa ditemui di pasaran.

Jika perlu lakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, entah itu sesama pelaku UMKM, perusahaan besar, kampus, pemerintah atau berbagai komunitas yang ada. Dari situ bisa didapatkan berbagai alternatif jalan keluar dari krisis yang dihadapi.

BERITA REKOMENDASI