Dulu Anggap ‘Live Streaming’ Hobi, Kini Jadi Berkah Citraweb di Masa Pandemi

DUA puluh tahun bukan waktu yang singat bagi Citraweb Yogyakarta untuk mengembangkan diri. Perusahaan jaringan telekomunikasi asal Yogyakarta terbukti  bisa menunjukan eksistensinya sebagai perusahaan lokal yang menasional. Setidaknya ada 3 anak perusahaan di bawah bendera Citraweb yaitu PT Jembatan Citra Nusantara atau Citranet, Citraweb Digital Multisolusi atau Citrahost dan Citraweb Solusi Teknologi.

Citraweb berdiri awalnya berdasar atas pertemanan di tahun 2000. Pendirinya adalah almarhum Iwan Santoso kemudian ada Valens Riyadi yang kini menjadi Direktur Utama serta Riza Tantular yang kini Direktur Citranet. “Awalnya kami jualan web, kemudian membuat situs Gudegnet dan akhirnya membuat website sendiri,” kata Direktur Utama Citraweb, Valens Riyadi.

Masa pandemi, sebagai perusahaan jaringan justru Citraweb mendapat berkah. Di sisi lain, perusahaan juga semakin saling bersinergi satu sama lain. “Dulu, live streaming itu hanya hobi bagi kami, hanya bersenang-senang. Tapi saat ini justru saat ini live streaming menjadi hal yang pokok, jadi kami tidak kaget,” kata Valens.

Di masa pandemi ini, perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungan Citraweb, kini saling bersinergi untuk bisa menyelenggarakan live streaming. “Dengan Citranet kita bisa bikin instalasi jaringan, dengan Citrahost kita bisa bikin platform streaming sehingga memudahkan orang untuk melakukan akses dan Citraweb Divisi Streaming. Dimana dimasa seperti ini ketiga-tiganya bisa saling bersinergi,”tuturnya.

Mengawali hobi bermain live streaming sejak 2008, dimulai dengan event seminar. “Dari hal sederhana mulai dari streaming dengan satu kamera, kemudian menjadi dua kamera, dan ditambah perangkat yang lainnya. Dan hampir setiap tahun pasti ada live streaming,”ujarnya.

Tahun 2011 Citraweb mulai membuat konten Youtube untuk internal. Kemudian berkembang menjadi media edukasi tentang sistem jaringan. Pada waktu itu channel Youtube itu Citraweb berbagi ilmu jaringan dengan teman-teman SMK Sistem jaringan. Khususnya bagi mereka yang ingin belajar dasar tentang mikrotik.

BERITA REKOMENDASI