Iseng Isi Waktu, Aipda Dede Raup Untung Puluhan Juta Rupiah

Editor: KRjogja/Gus

BERAWAL dari keisengannya mengisi waktu senggang saat lepas dinas, Dede Adi Pramugita kini bisa berbangga diri. Anggota Polres Sleman berpangkat Ipda itu, mampu meraup pundi-pundi rupiah setiap kali panen ikan nila yang dipeliharanya.

Tak tanggung-tanggung, dari 7 kolam ikan yang ia taburi bibit nila, perwira dengan satu balok di pundak itu mampu meraup omzet bersih Rp 70 juta tiap kali panen. “Saya ini kan paling tidak bisa kalau berdiam diri di rumah, apalagi saat sedang lepas dinas. Kemudian tahun 2019, saya iseng mencoba bertani nila. Awalnya hanya satu kolam, ternyata hasilnya lumayan, sehingga saya kembangkan dan kini ada tujuh kolam,” ungkap Dede ditemui di kolamnya di Dusun Sebrang Wetan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Jumat (7/5/2021).

Dari ketujuh kolam itu, Dede mengakui sebagian besar merupakan tanah yang ia sewa dari desa. Satu kolam ikan, rata-rata berukuran 600 hingga 900 meter persegi. Dari sekitar 4 kuintal bibit yang ia tabur tiap satu kolam, ia mampu panen nila sebanyak 2,9 ton. Nila sudah siap panen saat usia 3 bulan 10 hari sejak bibit dimasukkan ke dalam kolam.

BERITA REKOMENDASI