Pandemi Covid-19, Naomi Susan Kembangkan Inibakeryku

Menurutnya, dengan bisnis seperti ini,  pembuatan roti ini  berhasil melahirkan pengusaha-pengusaha roti baru dan juga membantu pengusaha roti di mal-mal yang hampir gulung tikar karena biaya produksi yang tinggi tetapi daya beli masyarakat menurun. Selain itu juga memberi peluang bagi ojek online yang sudah terbantu dengan orderan pengantaran roti.

“Saya tertarik mengembangkan bisnis ini karena saya yakin membuat apa yang saya jual, bukan menjual apa yang saya buat. Saya melihat marketnya sudah ada, kebutuhannya sudah ada, sehingga saya membuat apa yang saya akan jual. Momentum pandemi ini saya lihat sangat bagus karena disinilah semua solusi tersedia dan ini merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan perekonomian keluarga yang goyah karena Covid-19. Kembali lagi banyak orang takut berusaha apalagi di masa pandemi seperti ini karena banyak masalah yang akan dihadapi seperti keahlian, permodalan, risiko. Nah di Inibakeryku semua masalah ini tidak ada karena ditanggung oleh Inibakeryku. Karena kita menciptakan pengusaha bakery tanpa mereka harus memiliki modal. Mereka bisa bermain aman tanpa harus menghadapi risiko,” ujarnya.

Menurutnya  awal mula ide untuk memproduksi roti ini berawal dari salah satu maestro pengusaha Indonesia, kawan baik saya, mentor saya, almarhum Om Bob Sadino.  Pada waktu itu beliau bercerita kepada saya salah satu bisnis yang membuat beliau besar dan terkenal adalah mengekspor sayur-sayuran ke Jepang dan negara lain tanpa beliau sendiri memiliki satu jengkal tanah pun untuk bercocok tanam. Saya kagum mendengar cerita beliau dan berharap suatu saat bisa melakukan bisnis dengan konsep yang sama dengan Om Bob tapi produknya berbeda.

Lewat Inibakeryku saya mencoba merealisasikan konsep bisnis Om Bob. Jadi saya memberikan kesempatan kepada pengusaha yang ingin berbisnis di bidang bakery tanpa mereka harus memiliki satu mangkok pun tepung. Saya mensupport dengan menyediakan roti-rotinya, para pengusaha bakery ini hanya tinggal mendistribusikan dan memasarkan dengan brand mereka masing-masing. Mereka bebas memberi brand apa saja untuk produk-produk roti dari Inibakeryku.

Sementara untuk ekspansi bisnis ke luar kota terutama Yogyakarta, Naomi mengatakan, ekspansi bisnis ke kuar kota itu  semuanya tidak direncanakan. Ini berawal ketika saya berkunjung ke rumah Ustadz Yusuf Mansyur. Saat itu kita ngobrol secara live tentang Inibakeryku, ternyata ada Pak Iwan dari Yogyakarta yang menyimak obrolan kami. Kemudian Pak Iwan menghubungi saya untuk menjadi partner kami.

Dari sini menjadi pilot Project saya, kalau Yogya berhasil, maka saya juga bisa mengembangkannya di kota-kota lain. Untuk dapur rotinya saya memilih di Salatiga. Dari dapur Inibakeryku di Salatiga inilah nantinya produksi Inibakeryku didistribusikan kepada mitra-mitra di Yogyakarta, Semarang, Magelang, dan Temanggung.

Bagi yaang ingin bermitra,  menurut Naomi, bagi pengusaha roti bergabung dengan Inibakeryku, mereka harus memberikan deposit sebesar Rp 5 juta. Jangan salah, mereka tidak membayar apa-apa seperti franchise fee dan lain-lain. Deposit ini lebih dimaksudkan untuk menjaga komitmen dan jumlahnya akan berkurang sesuai dengan harga roti yang mereka ambil. Dikhawatirkan kalau tidak ada deposit, komitmen ini akan sangat lemah. Dalam jangka waktu tiga bulan, uang deposit ini harus habis terpakai untuk pembelian roti. Tapi dalam prakteknya sebagian besar mitra kami menghabiskan deposit 5 juta hanya dalam jangka waktu 1 minggu.

Penghargaan

Dikatakan,    Inibakeryku baru saja meraih penghargaan Indonesia Best Choce Award 2020 dari Mediatama Award Management sebagai salah satu smart business yang berhasil berkembang pesat di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan wujud dari hasil kerja keras yang sudah dilakukan tim Inibakeryku. Mengapa Inibakeryku layak mendapatkan penghargaan ini, karena sudah sangat jelas kalau dilihat dari domino effectnya kita menjadi solusi bagi teman-teman kita yang dirumahkan, yang work from home .

“Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras kita yang tidak menghianati hasil. Saya merasa senang dan semakin bersemangat untuk mengembankan Inibakeryku, tidak hanya di Jakarta tapi merambah luar Jakarta. Penghargaan yang kami terima tidak hanya ditujukan kepada teman-teman Inibakeryku yang berada di belakang layar, melainkan juga ditujukan kepada para pengusaha bakery, teman-teman saya yang sudah memberi support dengan menciptakan brand mereka sendiri untuk produk-produk roti berkualitas dari Inibakeryku yang kami supply. Sehingga penyebaran produknya menjadi lebih pesat,” ujarnya.

Naomi yang sejak tahun 1996 memulai karier sebagai PR di sebuah perusahaan membership terkemuka di Indonesia.   Di tahun 1998 saat krisis moneter melanda Indonesia dan dunia, di situlah kesempatan saya untuk berlari cepat dengan bisnis saya. Produk yang saya tawarkan adalah penghematan, kita memberikan solusi untuk berhemat di saat krismon sehingga perusahaan-perusahaan itu memakai jasa kita untuk mempertahankan costumer mereka.

BERITA REKOMENDASI